Tambahan penghasilan, bisa mulai dari sini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Heran deh, kalau ada yang teman yang ingin punya tambahan penghasilan dan minta ide, setelah dikasih ide-nya, yang banyak keluar adalah semua halangan yang akan dihadapi nantinya. Jalan aja belum bro, udah mikirin halangannya! Pengen ngakak tapi takut dosa :)
tambahan penghasilan

Tambahan penghasilan, bisa dari banyak hal, dari banyak kegiatan yang sebenarnya sudah berlangsung, sudah ada, meskipun bisa jadi juga ada kegiatan yang belum pernah ada sebelumnya. Tapi saya percaya, bahwa tambahan penghasilan buat siapa saja, bisa didapatkan selama yang mau punya tambahan penghasilan itu mau melakukan sesuatu dan punya keberanian. Saya nulis ini, karena saya sebenarnya agak kesel juga sama seorang tetangga deket rumah yang baru saja tadi malam ngobrol. Dia cerita tentang sulitnya mendapatkan penghasilan akhir – akhir ini, dia bekerja sebagai sales di salah satu distributor obat – obatan, dia punya banyak langganan apotek dan kadang nyambi – nyambi juga dengan menjual obatnya di luar apotek, dijual secara personal. Saat dia lagi ngobrol, ada satu orang teman datang lagi, mantan ketua RT yang sekarang pensiunan. Tiba – tiba aja saat kami lagi membahas ide usaha apa yang bisa nambah penghasilan, tiba – tiba dia bilang, “mau usaha apa hari gini ? ” nggak lama dia lanjutin, ” yang usaha sudah jalan puluhan tahun aja pada mau tutup…”

Untuk bisa menambah penghasilan, bisa dari banyak hal, dari banyak kegiatan yang sebenarnya sudah berlangsung, sudah ada, meskipun bisa jadi juga ada kegiatan yang belum pernah ada sebelumnya. Tapi saya percaya, bahwa tambahan penghasilan buat siapa saja, bisa didapatkan selama yang mau punya tambahan penghasilan itu mau melakukan sesuatu dan punya keberanian. Saya nulis ini, karena saya sebenarnya agak kesel juga sama seorang tetangga deket rumah yang baru saja tadi malam ngobrol. Dia cerita tentang sulitnya mendapatkan penghasilan akhir – akhir ini, dia bekerja sebagai sales di salah satu distributor obat – obatan, dia punya banyak langganan apotek dan kadang nyambi – nyambi juga dengan menjual obatnya di luar apotek, dijual secara personal. Saat dia lagi ngobrol, ada satu orang teman datang lagi, mantan ketua RT yang sekarang pensiunan. Tiba – tiba aja saat kami lagi membahas ide usaha apa yang bisa nambah penghasilan, tiba – tiba dia bilang, “mau usaha apa hari gini ? ” nggak lama dia lanjutin, ” yang usaha sudah jalan puluhan tahun aja pada mau tutup…”

Dalam konteks untuk mencari tambahan penghasilan, apa perlu sampai mikirin usaha – usaha besar di luar sana yang lagi megap – megap ? rasanya kok berlebihan ya. Karena menurut saya, tambahan penghasilan, mau apapun kondisinya diluar sana, mau apapun ide bisnisnya, adalah pilihan yang bijaksana yang perlu segera direalisasikan, perlu segera dijalankan, karena semua kondisi diluar sana, bukanlah sesuatu yang bisa kita kontrol, benar nggak sih ? Semua yang bisa kita lakukan dalam tujuan untuk mencari tambahan penghasilan, itu yang bisa kita kontrol, itu yang bisa kita kendalikan, kendalinya ada di tangan kita sendiri, dan mau apapun kondisinya di luar sana, saat kita punya akal sehat, punya pemikiran akan ide – ide usaha apapun yang mau dijalanin, biar jadi tambahan penghasilan, maka semuanya adalah mungkin.

Jadi kalau mau punya penghasilan tambahan, bisa diawali dari apa yang bisa kita kontrol, yaitu pemikiran kita yang sehat!

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian