Penghasilan jutaan, dari ngajar ngaji ?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Mengajar ngaji bisa dapat jutaan rupiah ? Iya, mungkin karena banyak yang mengikhlaskan dengan bayaran seikhlasnya dan nilai pahala yang didapatkan sudah cukup. Nggak salah! tapi, perlu diingat juga, bahwa kalian yang mengajarkan ngaji juga manusia dan punya kebutuhan hidup yang perlu dipenuhi. Simak cerita saya tentang materi belajar ngaji ini
jutaan rupiah

Mengajar ngaji, mengenal huruf dan tanda baca, hingga memperindah bacaan Qur’an dengan baik dan benar, tentu saja adalah sebuah pekerjaan yang bernilai pahala, makanya nggak heran, banyak guru ngaji di luar sana yang mengikhlaskan biaya untuk belajar dengan tidak mematok tarifnya, “se-ikhlas-nya saja” begitu kata sebagian besar guru ngaji. Karena mereka tahu, bahwa ada nilai ibadah, ada pahala yang diberikan untuk setiap huruf yang mereka ajarkan. Dan menurut saya adalah hal yang wajar, normal, manusiawi, untuk memberikan tarif atau harga untuk belajar membaca Al-Qur’an. Iya dong, yang ngajar ngaji, guru kita, itu juga manusia yang perlu makan dan perlu penghidupan yang layak. Makanya, kalau bisa dapat pahalanya dan dapat juga penghasilannya dengan mengajarkan mengaji, kenapa nggak ?

Apalagi di era digital seperti saat ini, dimana banyak metode pembelajaran secara online, di fasilitasi dengan baik oleh banyak perusahaan teknologi, perusahaan yang menampung banyak subyek pembelajaran. Memudahkan buat kita yang mau belajar dan memudahkan juga buat pengajarnya, serta kelebihannya bisa menjangkau lebih banyak orang lagi. Termasuk belajar ngaji, juga bisa dilakukan dengan metode online, seperti yang dilakukan oleh mas Rio Sastra Hardiansyah. Saya juga lagi belajar sama dia di kelasnya yang ada di skill academy. Beliau ini adalah pengajar Al-Qur’an aktif di YSIC Al Azhar sejak tahun 2010 lalu, dengan latar belakang keluarga yang aktif mengajarkan membaca Al-Qur’an, termasuk juga mengajarkan di Panti Asuhan Al Mubarokah, Pondok Cabe, Jakarta. Serunya belajar disini, kita juga dapat pengetahuan tentang sejarahnya, jenis – jenis huruf, cara pelafalannya dan tips menghafal Al-Qur’an.

Saya membeli kelasnya di Skill Academy beberapa bulan lalu, sebelum masa dimana Skill Academy ditunjuk pemerintah sebagai salah satu mitra untuk belajar bagi pemegang kartu prakerja. Usai belajar beberapa modulnya tempo hari, saya iseng, ngeliat berapa banyak orang yang memberikan rating pada metode pengajarannya. Ternyata Mas Rio ini mendapatkan banyak feedback yang positif, dari skala 1 – 5, dimana 5 adalah yang paling baik, dia mendapat rating, rata – rata 4,8 dan yang memberikan rating, pada saat saya buat artikel ini, terdapat 352 orang yang sudah memberikan rating.

Lalu saya menghitung, kalau kelas belajar mengaji secara online ini dijual di Skill Academy dengan harga normal, yaitu Rp. 660.000,- lalu dikalikan dengan jumlah orang yang memberikan rating saja, maka Mas Rio bisa mendapatkan 232 juta. Itu hitungan dengan harga normal ya. Tapi, Skill Academy sering memberikan diskon, flash sale istilahnya, dimana harganya diturunkan sesuai dengan prosentase diskon. Pada saat artikel ini saya tulis, harganya flash sale-nya adalah Rp. 168.000,- dan itu kalau dikalikan dengan jumlah orang yang memberi rating saja, 352 orang, maka dia mendapatkan Rp. 59.136.000,-

Jumlah yang banyak untuk 1 materi pembelajaran belajar mengaji saja, dan saya yakin dengan keahliannya dalam ilmu agama Islam, ada banyak hal lain yang bisa dibuat lagi oleh Mas Rio, untuk membantu teman – teman muslim belajar lebih dalam mengenai agama Islam. Nah, dari keahlian inilah, Mas Rio bisa mendapatkan penghasilan sekaligus berbagi pahala untuk mereka yang mau belajar. Jadi sebenarnya, dari keahlian yang saat ini sudah kita punya, kita bisa juga mendapatkan penghasilan dengan cara membagikannya buat orang lain, agar orang lain belajar dari kita, kita bisa membuat dampak, membuat perbedaan bagi hidupnya banyak orang, melalui keahlian yang kita punya.

Kabar baiknya, ada banyak market place yang bisa jadi wadah buat kita yang punya keahlian untuk mengajarkan keahlian kita kepada banyak orang, Skill Academy.com adalah salah satunya. Tapi kalau teman – teman bertanya mengenai bagaimana membuat produk pembelajaran agar bisa menarik, bisa dijual ke marketplace, maka, saya sarankan untuk belajar dari banyak sumber, salah satunya, bisa belajar melalui program kelas infopreneur. Semoga menginspirasi bagi teman – teman untuk segera ambil tindakan.

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian