Mau mulai bisnis, nggak punya modal ?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Saat ingin memulai bisnis, terutama mereka yang baru mau pertama kali terjun berbisnis, pasti akan mempertanyakan kondisi modalnya terlebih dahulu. Sering kita dengar begitu kan ?
mau mulai bisnis

Mau mulai bisnis, tapi modalnya nggak ada, atau modalnya nggak cukup, atau, untuk mulai bisnis itu perlu modal jutaan rupiah, puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah. Rasanya berat dan nggak mungkin untuk bisa menyediakan modal sebesar itu. Kamu yang lagi membaca tulisan ini, juga termasuk orang – orang yang seperti itu juga ? Kalau iya, nggak apa – apa. Nggak salah kok dengan punya perspektif seperti itu, tapi, gimana kalau kita juga melihat perspektif orang lain, yang mungkin akan membawa perbedaan besar bagi kamu, menjadikan kamu lebih berdaya dan powerful. Mau atau mau ?

  • Ketika ada pola pikir di dalam diri kamu yang menyatakan bahwa untuk mulai berbisnis kamu harus punya modal, dan modal satu – satunya yang perlu kamu siapkan, yang perlu kamu sediakan, berupa uang, apakah benar adanya ?
  • Apakah untuk memulai sebuah bisnis memang hanya dibutuhkan modal berupa uang ?
  • dan apakah hanya uang satu – satunya modal yang dibutuhkan ? Nggak perlu modal yang lain ?
  • Kalau sudah punya modal uang, apakah itu saja sudah cukup ?
  • dan kalau sudah punya modal uang yang dibutuhkan, apakah usaha kamu akan langsung berjalan lancar tanpa ada hambatan ?
  • Kira – kira dari mana ya datangnya pemikiran bahwa untuk usaha perlu modal ?
  • dan modalnya adalah uang ? dari mana pola pikir itu berasal ?

Saya tertarik untuk membahas dari mana pola pikir itu berasal, coba deh, kamu yang punya pola pikir bahwa usaha itu butuh modal dan modalnya adalah uang, kira – kira dari mana pemikiran tersebut datangnya ? Apakah dari pengalaman masa lalu kamu, yang melihat om, tante atau saudara – saudara kamu yang sudah sukses dengan bisnis mereka, mereka mengawalinya dengan punya modal berupa uang dalam jumlah yang cukup banyak ? Atau kamu pernah membaca kisah sukses seorang pebisnis, yang bisnisnya sekarang sudah besar, dulu saat mereka mengawali bisnis mereka, diawali dengan memiliki modal berupa uang dalam jumlah yang cukup ? Kalau kamu nggak bisa jawab pertanyaan ini, maka, kamu perlu cari, dari mana sih datangnya pola pikir yang membuat kamu bisa mengatakan bahwa mau mulai bisnis, tapi modalnya nggak ada.

Untuk mau mulai bisnis, memang dibutuhkan modal, tapi apakah benar modal yang dibutuhkan hanya uang saja ? Bagaimana dengan modal yang lain ? modal yang sudah kamu punya dan sudah ada di diri kamu sejak kamu dilahirkan. Cek yuk, satu – satu, apa saja yang sudah kamu punya sejak kamu dilahirkan. Apa saja yang Tuhan sudah berikan buat kamu, dan kalau dinilai secara nominal rupiah, kalau dikasih harga, berapa sih harga yang layak ? Berapa harga yang layak buat sepasang bola mata yang kamu punya ? Berapa harga yang pantas untuk telinga yang sudah kamu punya ? Berapa rupiah harga yang layak untuk sepasang tangan dan kaki yang kamu punya ? Berapa harga yang pantas untuk ide – ide kamu yang berasal dari otak kamu ?

Kalau kamu bisa memberikan harga dengan harga yang pantas untuk semua yang sudah kamu punya dan kamu totalkan dalam jumlah rupiah, kamu pasti akan kaget dengan nominal rupiah sebagai valuasi atas semua yang sudah kamu punya.

Ada yang bilang 1 Milyar dan lebih dari itu, bahkan ada yang bilang tak ternilai harganya, karena menurut kamu, itu melebihi nilai uang berapapun yang bisa diberikan kepada kamu. Jadi, pertanyakan lagi pola pikir kamu tentang modal, tanyakan lagi ke diri kamu, saat kamu sekarang ini memikirkan untuk mau mulai bisnis dan di kepala kamu mulai ada percakapan, bahwa kamu nggak punya modalnya, apa benar ? Masa sih ?

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian