Ide bisnis, penunjang event

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Kalau ngomonging soal event, ada banyak banget ide bisnis yang bisa diceritain, bisa dikembangin dan kalau diseriusin bisa jadi sumber income tambahan, bahkan bisa jadi sumber income utama.
ide bisnis

Ide Bisnis, yang datang dari dunia event, Salah satunya adalah penunjang event yang satu ini. Dia nggak perlu modal gede, hanya perlu satu kali modal, perawatannya nggak sulit, dan biaya perawatan relatif murah, termasuk kemungkinan biaya perawatannya ditanggung oleh client yang menggunakan jasanya. Selain itu, pengoperasiannya mudah, dan bisnis yang satu ini, tidak membutuhkan banyak SDM seperti bisnis penunjang event lainnya. Paling tidak, kalian hanya perlu 2 orang untuk menjalankannya dari proses perawatan – persiapan – penerimaan order – pembayaran – pengantaran – pengoperasian hingga selesai dipergunakan. Salah satu teman saya, seorang karyawan swasta di daerah Tomang, Jakarta, tempo hari pernah saya infokan mengenai ide bisnis ini. Sayangnya dia nggak segera jalan, padahal waktu itu, saya sudah survey kecil – kecilan di area Bekasi, tempat dia tinggal, belum ada bidang usaha yang sejenis. Ya sudah lah ya, kalau begitu memang belum jodohnya, biarkan dia berkarya dengan mie ayam yang baru dibukanya.

Ok, mari kita bahas mengenai Ide Bisnis ini. Bidang usaha yang satu ini, adalah penyewaan perangkat komunikasi, yang biasa dipergunakan untuk komunikasi dan koordinasi dengan sesama panitia acara saat sebuah acara berlangsung. Perangkat yang dimaksud adalah Handy Talkie, Walkie Talkie, atau biasa kita kenal dengan HT. Kenapa HT yang saya tulis dalam artikel ini ? Karena HT adalah perangkat kecil, dengan harga beli yang tidak terlalu mahal – banyak pilihan harganya – dan hampir semua Event Organizer yang sedang menjalankan event mereka, sudah pasti membutuhkan perangkat ini. Selain event organizer, tentu saja, kalian bisa memperluas jangkauannya ke target yang lain, seperti anak – anak SMA / Kampus / Organisasi yang menggelar Pentas Seni atau acara mereka, Kawasan pergudangan atau komplek perumahan yang dilengkapi dengan security, Gedung pertemuan yang kerap kesulitan berkoordinasi antar internal-nya dan masih banyak lagi perluasan dari target market penyewaan Handy Talkie ini.

Kalau untuk industri event, bukan sebuah keharusan, tapi jadi semacam standard, merk yang dipergunakan adalah Icom, tipenya biasanya V80 atau V8, dilengkapi dengan perangkat pendukungnya yaitu handsfree yang memungkinkan penggunanya bicara dan mendengar dengan lebih jelas. Tapi ini bukan sebuah patokan ya, sebab ada juga yang menyewakan dengan merk lain. Untuk awal – awal kalian bisa mulai dengan memiliki minimal 10 unit dengan semua kelengkapannya, mungkin itu membutuhkan modal sekitar 10jutaan. Untuk biaya sewanya sendiri, pada saat artikel ini dibuat, vartiaf, tapi yang standard untuk 1 unit, mulai dari 50 ribu – 100 ribu. Yang penting setelah memiliki barangnya, adalah bagaimana mempromosikannya, akan lebih baik lagi kalau kalian memang sudah kenal secara personal dengan pelaku industri event ini sebagai target pengguna jasa kalian. Jalankan secara serius dan sabar dengan proses-nya akan membuat kalian jadi punya banyak kenalan dan punya banyak pengguna jasa ini, dan kekuatan mulut ke mulut akan bekerja kalau kalian kasih pelayanan yang bagus dan diatas ekspektasi mereka.

Ide Bisnis, dari model usaha yang seperti ini, yang membuat saya suka adalah kekuatannya untuk menjadi sumber income secara berkelanjutan setelah modal kembali. Memang, kalian perlu menghitung kembali berapa lama akan balik modal dengan menggunakan asumsi – asumsi, tapi model bisnis seperti ini, sangat layak untuk dipertimbangkan, tinggal kalian tukar saja HT-nya dengan apa lagi yang bisa kalian sewakan ? apa lagi yang bisa kalian beli dengan harga terjangkau, lalu kalian sewakan, dan berapa lama penghasilan dari sewa-nya bisa balik modal ? selebihnya kalian untung.

Tapi kalau kalian tertarik mendalami bisnis penyediaan Handy Talkie buat di daerah kalian, saya punya vendor langganan yang biasa mengurusi kebutuhan perangkat Handy Talkie saat event saya berlangsung. Bisa banyak tanya dan belajar mengenai hal teknis padanya, termasuk minta bantuan untuk penyediaannya, perangkatnya, dan sistemnya.

Hubungi saya untuk mendapatkan kontaknya

Semoga suskes dengan apapun ide bisnis yang kalian punya saat ini ya!

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian