Bisnis tanpa modal, benarkah ada ?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Bisnis tanpa modal, ada nggak sih ? Atau minim modal uang deh saat kita memulainya. Itu kan keinginan banyak orang yang selalu bilang, bahwa bisnis baru bisa buka saat modal uangnya ada.
Bisnis tanpa modal

Bisnis tanpa modal, itu jadi salah satu pertanyaan besar yang kerap saya ajukan tiap kali saya baru selesai menghadiri preview seminar peluang bisnis tertentu. Pernah saya ikut preview seminar bisnis yang menghasilkan dari bisnis penyewaan working space, pemberi materinya, mengatakan bahwa, meskipun nggak punya uang, kamu bisa membeli sebuah ruko dan membayar ruko ini dengan menggunakan pembayaran dari para penyewa working space kamu nantinya. Dan untuk tahu lebih lanjut, bagaimana teknisnya untuk melakukan itu semua, ya kita perlu modal dulu dengan mengikuti premium course-nya, seharga 8jutaan. Modal dulu dong 🙂

Pernah juga saya mengikuti preview seminar, bisnis kost-kostan, sama juga yang disampaikan, bahwa untuk punya properti yang akan kita gunakan untuk bikin tempat kost itu, kita bisa menggunakan modal yang minim, nggak harus senilai dp dari bangunan yang akan kita beli, karena bisa kita proses melalui kredit bank, tapi untuk mengetahui teknisnya itu, kita juga perlu membayar buat kursus singkat 3 hari, sebesar 14 jutaan. Dan beberapa preview seminar yang menawarkan peluang bisnis baru, peluang bisnis yang sudah dijalankan oleh pemberi materi tersebut, hampir semuanya di preview seminar itu, pada akhirnya menjual program premium mereka dengan harga yang lebih mahal dari harga yang perlu dibayarkan untuk preview-nya. Bahkan, beberapa preview tersebut, gratis. Tapi, tetap aja, ini menjadikannya bukan bisnis tanpa modal. Tapi bagus juga untuk datang dan mengikuti preview seminar tersebut, akan ada insight yang menarik saat datang ke sana. Untungnya juga ada beberapa website penyedia materi belajar yang menyajikan beberapa preview bisnis baru.

Pertanyaan besarnya tiap kali saya selesai mengikuti preview ini kala itu adalah, bagaimana saya bisa menggunakan metode-nya dia, tanpa mengikuti kursus-nya, tanpa modal sama sekali, nah, kira – kira hal itu bisa nggak sih ?

atau setidaknya, ya saya keluar modal dalam bentuk uang, tapi ya buat operasional wara – wiri aja. Pada akhirnya, pertanyaan saya ini terjawab ketika saya menjalankan sendiri bisnis yang saya bangun kala itu, saat itu, memang kondisinya nggak ada modal sama sekali, bahkan minus karena punya hutang ratusan juta, dan akhirnya, bisnis itulah yang saya jalankan hingga saat sekarang ini.

Kesadaran untuk melihat jauh ke dalam diri sendiri, menggunakan dan memanfaatkan semua yang sudah ada dalam diri sendiri, benar – benar menjadikan bisnis yang saya bangun ini, nyaris tanpa modal uang. Dari situlah kesadaran saya untuk melihat, bahwa sebenarnya, sudah banyak modal yang disiapkan oleh Tuhan buat saya. Semua fisik anggota tubuh yang sehat, pikiran yang waras, keberanian yang kadang perlu ditakut – takuti dulu, semua itu adalah modal yang akhirnya membuat saya bisa membuat bisnis tanpa modal.

Jadi, kalau ada orang yang tanya ke saya, bisnis tanpa modal ada atau nggak ? jawaban saya adalah ADA. Selalu ada bisnis tanpa modal, yang dimaksudkan bisnis tanpa modal uang tunai, tanpa modal uang sendiri, jawabannya adalah ADA, dan akan selalu ada, kalau kamu mau serius mendalami apa yang sudah kamu punya, semua yang sudah kamu punya yang dikasih sama Tuhan itu, modal terbesar yang bahkan nggak bisa dikalahin sama modal uang yang menurut pikiran kamu harus ada. Nanti saya share lagi postingan ini dengan ngasih beberapa artikel seputar bisnis tanpa modal.

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian