Manfaat Menangis, Jangan disepelekan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Pada waktu kecil, kalian sering dengar, "Sudah! Berhenti nangisnya" dan kalian berhenti, karena kalo nggak, orang tua kita akan marah. Sebagian orang membawa ini sampai dewasa!
Manfaat Menangis

Manfaat menangis, ternyata ada banyak lho! Nggak sadar sih kalau kebanyakan dari kita, khususnya yang laki – laki, sudah ter-install sebuah belief, bahwa laki harus kuat, tegar, tangguh dan laki nggak boleh menangis. Ucapan ini juga sering saya dengar di masa sekarang ketika melihat orang tua yang anaknya menangis. Padahal ada banyak manfaatnya dengan mengeluarkan air mata, sambil merasakan emosi yang timbul saat kita sedang menangis.

Kalau kalian, baik yang laki ataupun perempuan, pada saat kecil dulu sempat mendapatkan instruksi dari orang tua, ” Udah, jangan nangis…” atau ” Bisa diam nggak sih, nangis mulu! ” maka, bisa jadi, asalnya dari pengalaman yang terus berulang seperti itu pada saat masih kecil. Kalian jadi kuat, tangguh dan haram untuk menangis, meskipun ada sesuatu yang menyedihkan terjadi. Jangan sampai kalian mematikan emosi sedih dan menangis, karena ada banyak manfaat dari menangis bagi kesehatan.

Tapi sebelum kalian baca apa saja manfaatnya bagi kesehatan dengan kalian menitikkan air mata, mari saya ajak kalian untuk mengetahui apa sih sebenarnya emosi sedih itu, apa yang membuat kalian sedih, dan untuk apa sebenarnya emosi kesedihan ini dalam versi yang membangun. Sedih, lalu menangis, bagian dari emosi yang akan kalian rasakan ketika terjadi sesuatu. Menurut buku yang saya baca, jangan dipungkiri kalau memang lagi sedih, karena apapun emosi yang kalian rasakan, saat sebuah kejadian terjadi, itu adalah hal yang valid. Kalau kalian pungkiri terus menerus, bisa jadi, kalian akan mati rasa terhadap emosi yang menurut sebagian besar orang adalah emosi yang melemahkan.

Sedih merupakan emosi yang timbul pada saat kita kehilangan sesuatu yang bermakna dalam hidup.

Jadi, sesuatu yang indah bukan ?

Ketika orang tersayang, pergi meninggalkan kita, lalu kita menangis, ini memberikan makna, bahwa orang yang pergi adalah orang yang sangat istimewa dalam perjalanan hidup kalian. Kehilangannya membuat kita merasa sedih dan nggak apa apa kok untuk menangis pada saat itu. Tapi yang bahaya dan akan mengganggu, kalau setelah 1 tahun orang itu pergi, kalian terus menerus menangis sambil kalian terus berharap tangisan itu akan membawa ia hadir kembali.

Manfaat menangis, khususnya bagi kesehatan, yang paling utama adalah mengurangi stress. Dari sebuah penelitian medis, menangis dapat merangsang produksi hormon endorfin, itu adalah hormon yang dapat membuat kalian merasa lebih baik dan mengurangi rasa sakit. Kabar baik yang berikutnya, dengan menangis, mood kalian akan meningkat dan pada saat menangis, maka kadar mangan dalam tubuh akan ikut keluar bersamaan dengan tetesan air mata. Dan setelah menangis, suasana hati kalian akan membaik, bisa dibilang juga setelah menangis, perasaan kalian jadi lebih lega.

Jadi, kalau memang perlu untuk menangis pada saat kalian kehilangan seseorang yang kalian cintai, atau kehilangan benda kesayangan, menangis saja, nggak usah ditunda. Izinkan diri kalian untuk larut dalam suasana penghargaan pada kehilangan kalian, izinkan kalian menghargai orang yang baru saja pergi, atau benda apapun yang hilang, itu memang benar – benar bermakna buat kalian. Jadi, jangan sungkan untuk menangis, kalau memang diperlukan.

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian