Cara mengembangkan diri, bagaimana dengan persepsi ini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Cara mengembangkan diri, untuk jadi lebih maksimal dengan semua potensi yang sudah kamu punya, ada banyak metode-nya. Tapi hal yang paling mendasar, juga perlu dipelajari, supaya bukan cuma mengetahui caranya, tapi juga mendapatkan gambaran besarnya, sehingga bisa melihat secara menyeluruh, apakah ada hal - hal lain yang menghambat yang berada di pikiran bawah sadar kamu.
cara mengembangkan diri

Cara mengembangkan diri, dengan membuka diri untuk melihat perspektif lain tentang personal development / pengembangan diri, mungkin akan membantu untuk mendapatkan ide besarnya tentang self development. Kadang – kadang, ada persepsi yang sudah terbentuk sekian lama di masyarakat, yang juga kamu sepakati, kamu ikuti, padahal, belum tentu hal itu akan efektif untuk membuat kamu mengembangkan personal development kamu.

Salah satu persepsi yang dibentuk dari keinginan para pengiklan untuk menjual produknya adalah, bahwa produk ( pengembangan diri ) sebagai sebuah program seperti pil ajaib. Yang akan membuat kamu mendapatkan sesuatu secara cepat, tanpa perlu usaha yang berat dan sesuatu yang kamu bisa dapatkan cepat itu, juga akan bertahan lama. Bahasa iklan dengan menyentuh sisi emosional, biasanya berupa pain dari calon pembeli, banyak dipergunakan. Akhirnya, masyarakat pun punya persepsi, bahwa produk pengembangan diri sebagai program cepat yang akan merubah hidup mereka dalam waktu singkat, dan hasil yang didapatkan pun akan terus bertahan.

Contohnya, sering nggak kita melihat program challenges, program tantangan yang memberikan tantangan kepada kamu selama 30 hari untuk kamu mendapatkan hasil yang kamu inginkan ? Misalnya saja, sebuah produk penurun berat badan dengan headline iklan, ” Tantangan 30 hari, turun 20kg, tanpa olahraga sedikitpun.” Kehadiran iklan ini, masuk ke dalam pikiran bawah sadar manusia, sehingga menghasilkan sebuah kepercayaan baru, sudut pandang baru, bahwa mungkin banget selama 30 hari orang yang ikut akan turun berat badannya 20kg dalam waktu 30 hari. Ketika sudut pandang ini mulai dibentuk, perlahan – lahan orang jadi punya kepercayaan baru itu, lalu disebarkan lagi ke banyak orang, sehingga terciptalah sebuah persepsi, bahwa kalau kita membeli produknya, kita akan mendapatkan berat badan yang berkurang secara drastis dalam waktu 30 hari, lalu kita juga mulai mempercayai bahwa setelah 30 hari, kita akan mendapatkan hasilnya yang permanen.

Tapi konsep mengenai pengembangan diri nggak sepenuhnya begitu. Pengembangan diri sebenarnya berbicara tentang sebuah pergerakan yang konsisten, melakukan perbaikan sedikit demi sedikit, tapi secara rutin dan konsisten terus menerus, lagi dan lagi. Kalau kamu bilang, bahwa kamu ingin hasil yang cepat, program pengembangan diri bukanlah pilihan yang tepat. Meminta orang lain untuk melakukan yang kamu mau, sehingga hasil yang cepat itulah yang kamu dapatkan, bisa jadi itu akan jadi kenyataan, tapi masalahnya, nggak semua hal bisa dilakukan oleh orang lain untuk kita bukan ? Kamu mau kurus, tapi minta orang lain yang berolahraga, nggak bisa kan ?

Jadi kalau kamu menanyakan cara mengembangkan diri, dalam versi terbaiknya, semua perlu diawali oleh kamu.

Kamu perlu mengetahui apa yang kamu mau kembangkan ? Untuk tujuan apa kamu mengembangkan hal tersebut ? setelah itu, baru kembangkan diri dengan latihan kebiasaan kebiasaan baru yang mendukung tujuan besar yang kamu sudah punya. Sesuai namanya yaitu pengembangan diri, ini adalah sebuah proses untuk berkembang, setahap demi setahap.

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian