Belajar dari kisah, pak Arifin dan google map

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Ada banyak hal - hal menarik yang bisa kita pelajari dari cerita orang - orang istimewa, orang tua, pasangan, anak, teman - teman, tetangga, bahkan orang asing yang kita nggak kenal. Ini salah satunya
belajar dari kisah - pak arifin

Belajar dari kisah, kali ini menceritakan mengenai pak Arifin, usianya sudah 60an tapi masih gagah, sehat dan selalu bersemangat tiap kali menceritakan mengenai pengalamannya saat muda. Dua periode ia menjadi ketua RT di komplek tempat saya tinggal, dan meskipun sudah tidak menjabat lagi sebagai ketua RT, namun dia masih sering dimintai pendapat oleh warga, selain itu juga, karena pengalaman dan networking-nya yang luas, dia juga kerap dimintain tolong sama warga untuk urusan – urusan lain.

Seperti pada saat itu, seorang tetangga, pak Mun, yang bisnisnya jual beli mobil second, satu hari mendapat informasi bahwa ada mobil yang akan dijual di daerah Subang. Informasi ini datangnya juga dari pak Arifin, yang kemudian, pak Mun minta tolong kepadanya untuk diantarkan menuju ke rumah pemilik mobil yang kebetulan adalah temannya pak Arifin. Saya dimintai tolong untuk sementara menjadi sopirnya mereka berdua. Ada banyak pembicaraan yang kami lakukan selama perjalanan, tapi kisah dengan google map ini, jadi kisah yang seru untuk diceritakan dimana kita bisa Belajar dari Kisah perjalanannya.

Singkatnya, karena nggak paham daerah Subang, saya menggunakan google map sebagai panduan. Saya setel smartphone saya di titik yang sudah ditentukan sejak awal keberangkatan dan saya tempatkan di dashboard mobil. Saat sudah mendekati pintu tol keluar Subang, saya minta tolong pak Mun yang duduk disamping saya untuk melihat google map untuk memastikan apakah saat keluar nanti kita akan belok kanan atau kiri, dia pun melihat google map itu dan ngasih tahu, bahwa arah kanan setelah keluar. Saya sambil bayar tol, mengiyakan, dan nggak lama berselang pak Mun bilang, ” Enak ya, zaman sekarang, semuanya sudah serba canggih, kita jadi banyak dipermudah dengan aplikasi seperti ini… dulu kita mungkin akan nanya ke orang kalau nggak jelas, tapi sekarang, nyari alamat seperti ini jadi lebih mudah, tujuan kita pun jadi lebih cepat nyampe-nya.”

Dia lalu melanjutkan, ” coba kalau ada google map juga buat hidup kita ya, buat memandu kita mencapai tujuan hidup kita, biar jadi lebih cepat tercapainya.”

Pak Arifin yang mendengar hal itu, tertawa pelan, lalu dia bilang, ” nggak segampang itu juga pak… memang benar kita jadi dipermudah dengan banyaknya teknologi aplikasi, tapi lihat saja, ada banyak hal – hal yang bisa dipelajari manusia dari internet, ada banyak sumber informasi yang bisa jadi panduan orang untuk mencapai tujuan hidup mereka, untuk jadi jago dalam bidang tertentu.”

Saya sambil mendengarkan . . .

” youtube deh contohnya, ada banyak kan informasi gratis disana, tapi kenapa nggak dimaksimalkan ? ” kata pak Arifin lagi. Dia bilang lagi, ” yang ada sekarang, malah banyak orang menghabiskan waktu mereka cuma buat ketawa – tawa aja disana.” Dan sebagai penutup, dia bilang, ” Ada satu yang perlu dicari sama orang kalau mereka mau tujuannya cepat tercapai, mereka mau cepat sukses, bisa dapat penghasilan, kalau yang satu ini sudah tercapai, maka, larinya akan kebut, ibarat pembalap motor, akan jadi valentino rossi, masalahnya, satu hal ini, nggak bisa dicari di google “

Saya sama pak Mun, terdiam dan berpikir….

Sambil berusaha mencari apa sih satu hal itu

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian