Cara menemukan ide, random things

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Cara menemukan ide, yang mudah banget nih! Secara random dengan menggunakan apa saja yang kita temui, tapi balik lagi sih, semua tindakan untuk proses pencarian ide akan jadi berhasil kalau kamu benar - benar punya keinginan yang kuat, serius dan bersungguh - sungguh.
cara menemukan ide

Cara menemukan ide, ada banyak metode yang bisa dipergunakan. Makanya saya suka bingung, kalau ada orang yang bilang, saya tuh nggak punya ide, saya nggak kreatif, saya nggak bisa mikir banyak hal, saya hanya bisa pake cara ini saja dan pola pikir lain yang justru bahaya, karena jadi melemahkan. Metode sederhana ini, akan membuat semua pola pikir itu terpatahkan. Simak baik – baik ya.

Yang punya pola pikir seperti saya tuliskan diatas, mungkin perlu mempertanyakan lagi, sudah berapa lama menikmati hidup dalam zona kenyamanan dengan semua kebiasaan itu. Kebiasaan untuk melakukan sesuatu dengan satu cara saja, padahal, kalau mau menggali lebih dalam tentang cara lain yang bisa kamu pergunakan, pasti akan ketemu banyak cara, yang bisa jadi akan membuat pekerjaan kamu jadi lebih efisien, bahkan, buat yang berbisnis, bisa membuat bisnisnya jadi meningkat secara dramatis.

Nggak percaya ?

Saya percaya, perubahan pola pikir ini, bisa dilakukan dengan cepat, nggak perlu nunggu berhari – hari, hanya dibutuhkan sebuah pertanyaan kenapa ? kenapa kamu mau mencari cara yang lain ? kenapa kamu mau menemukan ide untuk mengembangkan bisnis kamu ? Makin besar penyebab kenapa kamu mau menemukan ide terhadap sesuatu yang lagi kamu mau pecahkan, maka, akan semakin baik pula kamu dalam proses pencarian ide ini hingga akhirnya kamu menemukan ide tersebut.

Cara menemukan ide, yang paling sederhana, ya kamu perlu menjawab pertanyaan kenapa-nya. Kalau pertanyaan kenapa itu sudah cukup besar dan akhirnya membuat emosional kamu tergerak, maka menemukan ide, dengan cara apapun, kamu akan temukan dengan menggunakan berbagai metode yang tiba – tiba datang dengan sendirinya. Salah satu metode yang bisa kamu pergunakan untuk menemukan ide adalah dengan mengkombinasikan satu hal yang kamu punya sekarang dan itu adalah masalah kamu, dengan sesuatu yang acak, yang kamu temukan untuk kamu cari persamaannya. Bingung ya dengan penjelasan ini ? Mari simak baik – baik.

Contohnya, saat ini kamu sudah berbisnis produksi dan jualan masker. Tapi kan masker sekarang sudah banyak ya ? sehingga kamu merasa perlu mendapatkan ide baru, masker seperti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Lalu kamu merenung di teras depan sebuah masjid, dan nggak lama hujan turun, saat hujan turun, kamu melihat seekor kodok. Ok! kodok itulah yang akan menjadi alat bantu kamu. Cari sebanyak mungkin mengenai kodok, apa saja hal – hal yang identik dengan kodok.

  • Kodok hidup di dua alam dan mudah beradaptasi
  • Kodok itu warnanya hijau dan suka loncat
  • Kodok punya banyak manfaat, suka jadi bahan buat uji coba kelas biologi
  • Kodok juga bisa dimasak, jadi swike, jadi punya banyak manfaat juga
  • Kodok suka dengan air dan bergerombol dengan teman – temannya ketika hujan
  • Kodok suka bengong dulu sebelum lompat lagi kodok suaranya nyaring

Dari semua deskripsi itu, kombinasikan dengan analogi dari semua hal yang ada di kodok.

  • Hidup di dua alam, amphibi, gimana kalau Masker kamu juga bisa digunakan di dua kegiatan yang berbeda, bisa buat dipake di acara santai dan juga acara formal.
  • Warnanya hijau, kenapa warnanya cuma hijau, bagaimana kalau masker kamu dikasih warna kombinasi ? bahkan dibuat dengan desain khusus menggunakan banyak warna.
  • Kodok punya banyak manfaat, tanyakan ke diri kamu, manfaat apa lagi yang bisa kamu gali dari masker ?
  • Kodok suka dengan air dan hujan, gimana kalau masker kamu bisa dipergunakan juga saat hujan ? mungkin nggak ?
  • Kodok suka berkumpul saat hujan, aha… gimana kalau kamu bikin masker dengan desain khusus komunitas ? berlogo komunitas tertentu ? institusi tertentu ? jadi sarana promosi ?

Nah, yang diatas ini, adalah ilustrasi sederhana dengan menggunakan random things yang kamu temui untuk membantu kamu menemukan ide. Kamu bisa menggunakan barang – barang lain yang secara acak, secara nggak sengaja kamu lihat ada di depan kamu, dan kamu mulai menggunakan metode ini. Akan jadi bagus banget, kalau kamu bisa menggunakan ide ini, bersama dengan anggota team di bisnis kamu untuk mengembangkan ide dalam proses pengembangan produk yang bisnis kamu punya. Yang perlu diperhatikan, dalam semua proses pencarian ide itu, biarkan idenya mengalir, nggak usah pikirin dulu gimana caranya mengeksekusi ide itu. Kalau kamu mencari ide bersamaan dengan mikirin gimana caranya merealisasikan ide itu, maka, kamu nggak bekerja secara efektif. Biarkan idenya mengalir, catat ide-nya ada apa saja, baru setelah itu, luangkan waktu khusus untuk memilih, kira – kira ide mana yang bagus ? ide mana yang bisa kamu jalankan ? Ide mana yang kemungkinan besar akan diterima dengan baik oleh pasar. Luangkan waktu bareng sama team kamu untuk memilih idenya baru setelah kamu pilih ide-nya, kamu eksekusi bareng – bareng.

Saya juga punya metode lain untuk mencari ide, menemukan peluang, yang saya kemas dalam bentuk ebook yang bisa kamu dapatkan disini, metode ini saya namakan metode 5H. Ini sih bentuk lain dari proses pencarian ide, tapi ini adalah proses menemukan ide yang benar – benar perlu komitmen dari kamu untuk bersungguh – sungguh. Bukan rahasia sih, kalau semua yang kamu lakukan, kamu punya komitmen-nya, maka sukses itu tinggal menunggu waktu untuk datang dalam hidup kamu. Jangan lupa juga follow saya di akun instagram saya @ymegananda karena disitu setiap harinya saya posting feed yang insightful untuk pengembangan diri.

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian