Cara beriklan di Facebook, kenapa ribet banget sih ?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Cara Beriklan di Facebook, bikin saya frustasi! Bayangan indah saya tentang pasang iklan itu, mirip dengan pasang iklan baris di koran zaman dulu. Tinggal tulis editorialnya, bawa ke agen yang bisa bantu, bayar, selesai, besoknya iklan sudah tayang!
Cara beriklan di facebook

Cara beriklan di facebook, beda! Saya sering pasang iklan baris waktu itu, biasanya di koran Poskota, untuk tayang di hari sabtu dan minggu. Bayangan kemudahan pasang iklan yang model seperti itu, ditambah lagi, data pengguna Facebook di Indonesia hingga Juli 2017 mencapai 115 juta, dan sudah jadi hal yang umum orang menggunakannya. Jadi yang saya bayangin tuh indah banget! Pasang iklan – bayar – iklan tayang – satu per satu pembeli melihat website penjualan – mulai ada penjualan 1,2,5,10 dan makin lama makin banyak – selesai, saya tinggal hitung berapa ROI dari biaya iklan yang sudah saya keluarkan. Saya malah sudah mengkalkulasi, 115 juta orang itu, 1%-nya saja yang beli produk 1jutaan orang, dikalikan harga produk yang saya jual, wow… ini akan jadi keren!

Setelah googling, Anjir!!! Banyak banget informasi dan referensi dari berbagai macam sumber tentang gimana cara beriklan di facebook. Saya mulai lihatin, scroll down satu per satu, kadang yang menarik saya klik, saya baca, yang formatnya video, terlalu panjang, terlalu detail, saya lewatkan, dan at the end, frustasilah saya jadinya! Ini bukan cara pasang iklan yang saya mau! yeah, at least, nggak seperti cara pasang iklan yang sudah pernah saya lakuin sebelumnya.

Come on! Ini 2017 pak, ya kalau mau terus terusan cuma iklan di media konvensional, ya penjualan akan begitu – begitu aja!

Begitu kata si Tini, sekretaris imajinatif saya bisikin di kepala

Kepala saya mulai gatal rasanya, mulai kesel sama facebook, kenapa dibikin sulit ya? Saya jadi pengen sesuatu yang instant gitu, apa nggak ada jasa yang membantu untuk memasangkan iklan di facebook seperti agen – agen pasang iklan koran zaman dulu ? Aha! ternyata ada, dan ada banyak! Tapi anggarannya nggak murah! Saya jadi bertanya sama mereka, menghubungi beberapa teman, hingga meluangkan waktu membaca panduannya. Tapi dari sekian banyak, penjelasan dari teman saya Albert Leonardo, yang menjalankan Marketist, tempat belajar bisnis online, akhirnya saya jadi paham secara garis besar, apa yang melatarbelakangi Facebook membuat semua langkah – langkah yang kita anggap ribet untuk pasang iklan.

Kenapa pasang iklan di facebook itu ribet ?

berdasarkan data jumlah pengguna internet Juli 2017 :

  • Juli 2017, ada 1.968 milyar pengguna Facebook di seluruh dunia
  • Tiap pengguna itu manusia dan mereka punya profile yang berbeda
  • Mereka punya karakteristik, ketertarikan, kebiasaan yang berbeda

Jadi, ini adalah ASET UTAMA perusahaan Facebook

Sebagai aset utama dari sebuah perusahaan, maka, pemilik aset, akan berusaha melindungi supaya asetnya aman dong. Makanya Facebook berusaha terus menerus membuat penggunanya merasa nyaman.

Iklan, merupakan sumber pemasukan yang memanfaatkan aset utama perusahaan Facebook, dari sumber pemasukan ini jugalah mereka bisa mengembangkan teknologi lain anak perusahaannya seperti Instagram dan Whatsapp.

sementara, IKLAN adalah sumber pemasukan Facebook

Jadi Facebook ingin memuaskan para pengguna, tapi juga ingin pemasukannya dari iklan tetap berjalan dengan membuat para pemasang iklan merasa puas dan mendapatkan hasil yang maksimal. Singkatnya, doi mau memuaskan keinginan keduabelah pihak, yaitu pengguna Facebook dan pemasang iklan.

Sehingga, Facebook membuat aturan yang perlu diikuti oleh para pemasang iklan agar tercapai dua tujuan besar, yaitu :

  1. Aset utamanya, yaitu kita sebagai pengguna Facebook bisa tetap nyaman, meskipun mereka melihat iklan, tapi tidak merasa terganggu, karena ada kesesuaian dengan aturan yang sudah dipenuhi para pemasang iklan
  2. Pemasang iklan akan merasa puas dengan hasil yang didapatkan dengan beriklan di Facebook, karena pesan yang ingin disampaikan, disampaikan ke target market yang benar – benar tepat bahkan target market tadi bisa dijadikan data target untuk iklan – iklan selanjutnya.

Perlu kesabaran buat belajar

Jadi sebenarnya, langkah demi langkah yang diperlukan sebagai tahapan cara memasang iklan di Facebook, sebenarnya merupakan salah satu cara Facebook membantu kita sebagai pengiklan. Supaya, budget iklan yang dibelanjakan efektif, supaya nggak boncos atau rugi dari pasang iklan di Facebook. Nah, pemahaman penting dan mendasar seperti ini yang diperlukan oleh newbie. Sayangnya, hal – hal seperti ini, jarang banget dikasih tahu oleh teman – teman yang usahanya sebagai agen pemasangan iklan di facebook atau teman – teman yang mengajarkan FB Ads. Kebanyakan dari mereka, malah berfokus pada anggaran belanja iklan yang dikeluarkan itu akan menghasilkan berapa banyak klik, dari berapa banyak klik, berapa persen yang akan jadi leads, warm prospect, hot prospect, istilahnya conversion gitu kalo nggak salah.

Tapi mau nggak mau, suka nggak suka, dengan semua keribetan itu, akhirnya saya memutuskan dan saya sarankan, untuk kita terus belajar

Kecuali kalau kalian mau ketinggalan zaman

Teman saya, Albert Leonardo, founder dari Marketist, akademi belajar digital marketing, jadi mentor saya untuk belajar Facebook Ads, yang saya suka dari semua yang disampaikan adalah pembahasan tentang pola pikir / mindset yang benar dalam beriklan di facebook, sesuatu yang nggak diajarin sama yang lain, kalian bisa dapatkan informasinya melalui kelas Belajar Facebook Ads, Adsmastery.

Mengingatkan aja ya, belajar itu perlu kesabaran!

Semua hasil yang kita dapatkan saat ini, terdapat proses panjang yang kita lalui.

Ada proses buat ngedapatin hasil kan ? Sebagai contoh, kalau mau jago beriklan di facebook ya kalian perlu belajar. Kenapa harus sabar ? di kelas Adsmastery yang saya ikuti contohnya, ada 100 video yang dengan detail mengupas satu persatu tahapan FB ads, dan kalau kalian nggak bisa sabar, nggak bisa menyimak baik – baik, kalian nggak akan mendapatkan manfaat maksimal. Yah, belajar itu memang berat, tapi percaya deh, hasil nggak akan mengkhianati proses!

Dengan Facebook Ads, target audiences bisa disesuaikan dengan profile pembeli kita

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenal lebih jauh teman saya, eks guru matematika yang juga mengajarkan Ads Mastery, bisa langsung klik di Kelas Belajar FB Ads ya. Jangan ke saya, apalagi nanya teknis, saya juga masih belajar 🙂

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian