Rundown Acara, Tiap Acara Itu Beda!

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Rundown acara, atau kita kenal dengan susunan acara, adalah panduan penting yang perlu dibuat agar semua pengisi acara bisa bergerak selaras. Ada banyak pertanyaan mengenai bagaimana membuat rundown acara yang benar
Rundown acara

Ada juga yang meminta contoh rundown yang baik, bahkan ada juga yang minta dibuatkan rundown acara. Boleh sih untuk minta contoh dari bagaimana rundown acara, boleh juga untuk minta panduan rundown acara yang benar – meskipun nggak ada yang benar juga – tapi kalau minta dibuatkan rundown acara, ada usaha ekstra yang perlu kalian lakukan juga untuk membuat pihak lain yang membantu kalian juga mengetahui seperti apa sebenarnya. Karena tiap acara itu beda, maka, ada baiknya, kalian sendirilah yang membuat rundown acaranya.

Saya biasa membuat rundown acara dengan menggunakan microsoft excel, tabel – tabel saya urutkan berdasarkan urutan pelaksanaan dan waktunya, disertai dengan keterangan detail tentang acaranya, siapa pengisi acaranya, siapa person in charge yang menghandle bagian acara tersebut, apa perlengkapan yang perlu disiapkan di bagian acara tersebut, seperti apa tampilan visualnya, lighting-nya seperti apa dan dari perangkat audio apa yang diperlukan. Itu yang detail dan bagian detail ini, biasanya akan di print dan dipegang oleh setiap pic acara, termasuk team show management yang menghandle jalannya acara. Tapi ada juga bagian yang sederhana, yang hanya merangkum susunan acara secara berurutan, tergantung kebutuhannya.

Tapi point yang ingin saya sampaikan adalah, bahwa tiap acara itu beda, sehingga susunan tiap acara pun nggak bisa disamakan.

Walaupun acaranya masih dalam kategori yang sama, misalnya, sama – sama acara seminar, itu pun nggak bisa kalian hanya copy paste dari acara seminar lainnya. Content-nya akan berbeda, durasi dari tiap bagian acara pun berbeda, audiences yang datang dan jumlah yang datang pun berbeda, ruangan tempat acarapun berbeda dan banyak lagi hal yang berbeda.

Kalau ada saran terbaik yang bisa saya berikan dalam membuat susunan acara adalah, buatlah rundown acara dengan memposisikan diri kalian ibarat seorang director dari sebuah produksi film. Gimana seorang director memainkan emosi penontonnya, ibarat sebuah kurva, buatlah kurva yang menanjak perlahan hingga akhirnya ke puncak acara, buatlah audiences merasa betah duduk di tengah acara kalian, karena mereka merasa penasaran dengan apa bagian berikutnya, apa puncak acaranya dan akan berakhir dimana acaranya! Siapa yang bisa membuat susunan acara seperti itu ? Dialah orang yang memiliki ide awal acara ini, orang yang paham latar belakang dan tujuan diadakannya acara, orang yang membuat konsep acaranya, atau, orang yang bisa mengkomunikasikan dengan baik jiwa dari acara itu ke orang lain, dan saya percaya, orang itu adalah kalian!

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian