Promosi Untuk Acara, Jangan Lupa 1 Hal ini !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Seiring dengan makin maraknya sosial media dan aplikasi lain di internet yang bisa membantu promosi untuk acara, pastinya jadi makin mudah untuk kita menyebarkan informasi acara ke lebih banyak orang, dengan efektif dan efisien, tapi sayangnya, banyak orang yang mempromosikan acara via sosial media atau media internet lainnya, malah lupa sama 1 hal ini.
promosi untuk acara

Promosi untuk acara, bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan sendiri oleh event organizer untuk mempromosikan rangkaian acara, baik yang diadakan oleh client ataupun acara dari EO itu sendiri. Iya sih, karena makin banyaknya pilihan sosial media, media internet lain, termasuk aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu mempromosikan acara, ini belum ditambah dengan makin banyaknya agency digital marketing yang juga bisa membantu promosi untuk acara sehingga lebih cepat dijangkau oleh lebih banyak orang. Sayangnya, saat kita mau promosi untuk acara, mungkin karena saking bersemangatnya, kita ingin hasil yang maksimal, kita kadang serampangan, melakukan spamming messages, broadcast messages atau apapun namanya, yang akhirnya malah nggak efektif karena dilakukan secara acak, tanpa melakukan hal sederhana yang pintar sebelumnya. Kita jadi lupa 1 hal, yang merupakan hal paling krusial saat kita hendak promosi untuk acara, 1 hal ini juga berlaku secara umum membuat hasil penjualan produk lebih baik saat dilakukan sebelum promosi produk tersebut berjalan.

1 hal yang sering kita lupa pada saat kita mulai melakukan promosi untuk acara, yaitu kita lupa, siapa target market kita ? siapa sebenarnya yang jadi target audiences kita ?

Yudhi Megananda

Ini bagian paling penting, yang sebenarnya, pada saat kita membuat konsep acara, sudah kita detailkan, bahkan sebelum kita memutuskan untuk membuat sebuah konsep acara, pastinya kita juga sudah membuat detail siapa target audiences dari acara yang akan kita buat. Iya nggak sih ?

Sayangnya, setelah konsep acara selesai, lalu dipresentasikan ke client atau mungkin ke sponsor dan sudah disetujui untuk dilaksanakan, lalu tiba saatnya kita melakukan promosi untuk acara, kita malah nggak punya perencanaan yang jelas untuk konsep promosinya. Padahal, ini salah satu hal yang penting, supaya acara yang akan diselenggarakan bisa tersosialisasi ke banyak orang, tentunya orang yang tepat ya. 1 hal yang sering kita lupakan, kita mendadak jadi lupa dengan siapa target audiences di acara tersebut.

Kalau sudah mengetahui siapa target audiences-nya, akhirnya, kita jadi bisa mengetahui, apa kebiasaan dari target audiences, seperti :

  • Sosial media mana yang paling banyak mereka gunakan ?
  • Jam berapa biasanya mereka aktif di sosial media ?
  • Bahasa seperti apa yang biasa mereka gunakan di sosial media ?
  • Siapa influencers yang mereka dengar ?
  • Dimana mereka biasa nongkrong ?
  • Apa topik yang paling mereka sukai ?
  • Dan informasi penunjang lain

Mengetahui hal diatas, tentu akan sangat membantu pada saat kita melakukan perencanaan promosi untuk acara, kita jadi bisa membuat perencanaan yang detail, teliti dan terstruktur sesuai dengan semua kebiasaan dari target audiences tadi. Dengan begitu, kita dapat pergunakan budget promosi secara efektif dan efisien, sehingga pengeluaran untuk promosi juga sudah terencana. Ingat, selalu test dan ukur pada saat melakukan promosi untuk acara, jika sudah menyajikan data – data yang didapat dengan riset mengenai siapa target audiences, itu pun tidak sepenuhnya bisa menjamin kesuksesan promosi sebuah acara, kadang – kadang, saya sendiri malah sering nggak tepat menjadwalkan pemasangan iklannya, atau bahasa yang dipergunakan kadang juga masih kurang pas. Makanya, promosi-nya pun perlu terus test dan ukur, sampai akhirnya menemukan formula yang tepat. Nah, menemukan formula yang tepat itu, diawali dengan mengetahui 1 hal yang sering kita, yaitu mengetahui siapa target audiences kita. Untuk bantuan event organizer, termasuk promosi acaranya, teman – teman juga bisa menghubungi team saya dengan klik di jasa event organizer.

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian