Konsep Acara, Untuk Gathering Outdoor

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Konsep acara untuk acara gathering outdoor, banyak sekali pilihannya, selain dari yang sudah ada dan pernah diadakan, dan ini bisa dengan mudah kalian cari referensinya di youtube, juga bisa dikembangkan baik dari yang sudah ada dan dimodifikasi, atau benar – benar sesuatu yang baru yang datangnya dari ide kalian bersama dengan teman – teman saat mulai merancang acara gathering kantor.
Konsep Acara

Konsep acara, ada yang mengemasnya lewat sebuah tema besar dengan tujuan akhir yang jelas melalui beberapa aktivitas games, tapi ada juga yang menyajikannya hanya satu atau dua games saja sebagai bagian dari content acara. Ada yang mengeksplor aktivitas fisik lewat permainan outbound, ada juga yang mengeksplor kemampuan logika, ada juga yang memadukan keduanya sehingga menjadi satu kesatuan yang menarik.

Salah satu client yang pernah mengadakan acara gathering outdoor bersama saya, pernah minta dibuatkan sebuah konsep acara untuk gathering outdoor mereka. Gathering tersebut, berlokasi di salah satu pulau yang terletak di kawasan Kepulauan Seribu, lebih tepatnya, adalah pulau yang lokasinya paling jauh di antara pulau – pulau lain yang ada di kawasan tersebut. Pulaunya tidak terlalu besar dan fasilitas yang ada disana pun, terbatas. Dan mereka ingin membuat sebuah aktivitas satu hari penuh yang memungkinkan semua peserta terlibat bersama – sama dalam rangkaian games.

Tujuan utamanya adalah membuat satu sama lain saling terhubung, lebih dekat dan kegiatannya diharapkan berdampak pada peningkatan kerjasama dan produktivas mereka.
Karena ada di pulau yang tidak terlalu besar, dekat dengan area pantai, mirip dengan hutan di sebuah pulau terpencil, saya langsung mengasosiasikannya dengan konsep Pirates atau Bajak Laut. Gerombolan bajak laut, yang sedang dalam misi pengejaran harta karun. Akhirnya saya menuangkan konsep Treasure Hunt, pencarian harta karun, dengan mengkombinasikan banyak permainan yang mengasah logika dan menguji ketangguhan fisik mereka, dan ini dilakukan bersama – sama. Dari sekitar 80an orang peserta, dibagi dalam beberapa kelompok dan tiap kelompok perlu menyelesaikan permainan demi permainan melalui beberapa pos yang sudah disiapkan.

Menyesuaikan dengan konsep treasure hunt, setiap kelompok dibekali dengan sebuah peta, peta yang akan memandu mereka menuju ke arah harta karun yang perlu mereka temukan. Dan karena konsep acara sudah cukup jelas, beberapa permainan pun dirancang dengan penyesuaian pada konsep Treasure Hunt. Setiap kelompok akan memulai perjalanan mereka dengan menuju ke pos yang berbeda, sambil membawa peti kosong yang nantinya akan diisi koin emas, hasil dari setiap permainan yang mereka ikuti. Selain games di setiap pos, pada setiap pos yang telah mereka lalui, mereka juga akan mendapatkan petunjuk tambahan menuju ke pos berikutnya, dan petunjuk – petunjuknya, kebanyakan berkaitan dengan logika. Penggunaan petunjuk berupa kata, seperti : Setelah dari pos ini, berjalanlah ke arah utara sejauh 400 meter sampai kalian menemukan sebuah pohon beringin, pohon beringin yang rindang akan mendekatkan kalian pada harta karun berikutnya. Kadang, saya juga menyelipkan petunjuk berupa foto yang kami ambil beberapa hari sebelum pelaksanaan acara, foto-nya bisa sesuatu yang iconic seperti sebuah patung yang cuma ada satu di tempat itu, tapi ada juga yang membuat peserta bingung ketika melihat foto pohon kelapa, karena ada banyak sekali pohon kelapa disana.

Yang saya pelajari dari konsep acara yang akhirnya di realisasikan ini,

mengkombinasikan logika dan ketahanan fisik dalam sebuah permainan team building, ternyata sangat efektif untuk membuat mereka saling terhubung satu sama lain.
Yang membuat mereka jadi terhubung, salah satunya adalah karena mereka punya tujuan yang jelas, dan itu memandu mereka untuk bekerja sama. Konsep acara yang seru dan tak terlupakan dari sekian banyak pengalaman saya dalam menyiapkan acara gathering outdoor.

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian