Izin Undian Berhadiah, Penting untuk diurus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Izin undian berhadiah, penting untuk diurus! Khususnya untuk anda yang ingin menyelenggarakan pengundian untuk umum dan / atau untuk kepentingan promosi produk dan jasa. Kenapa penting ? Selain karena memang sudah ada aturannya, juga ada sanksi yang akan dikenakan bagi anda yang melanggarnya.
Izin Undian Berhadiah, Izin Pengundian, Izin Undian

Izin undian berhadiah, jangan disepelekan ya! Apalagi kalau anda mengadakan pengundian yang terbuka untuk umum, baik di skala kota / kabupaten, provinsi ataupun tingkat nasional. Penyelenggaraan undian gratis berhadiah atau disingkat UGB, sudah diatur dalam banyak peraturan yang menjadi dasar hukumnya. Ada 11 peraturan yang menjadi dasar hukum bagi penyelenggaran undian gratis berhadiah.

Ada 11 peraturan yang menjadi dasar hukum bagi penyelenggaran undian gratis berhadiah. Izin undian berhadiah ini, dasar hukumnya mulai dari Undang – Undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden hingga Peraturan Menteri Sosial. Ke 11 aturan yang menjadi dasar hukum tersebut, terdiri dari :

  1. Undang – Undang Nomor 22 tahun 1954 tentang pengundian
  2. Undang – Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen
  3. Undang – Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial
  4. PP nomor 132 tahun 2000 tentang Pajak Penghasilan atas Pajak Undian
  5. Peraturan Pemerintah nomor 3 tahun 2012 tentang jenis dan tarif atas penerimaan negara bukan pajak
  6. Keputusan Presiden nomor 48 tahun 1973 tentang penertiban penyelenggaraan undian
  7. Keputusan Menteri Sosial nomor 73/HUK/2002 tentang petunjuk pelaksanaan pemberian izin penyelenggaraan undian
  8. Peraturan Menteri Sosial nomor 11 tahun 2015 tentang izin undian
  9. Peraturan Menteri Sosial Nomor 11 tahun 2015 tentang Standard Operasional Prosedur Pelayanan Izin Undian Gratis Berhadiah dan Pengumpulan Uang atau Barang dengan sistem Online
  10. Peraturan Menteri Sosial nomor 22 tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Sosial Nomor Tahun 2015 tentang Standard Operasional Prosedur Pelayanan Izin Undian Gratis Berhadiah dan Pengumpulan Uang atau Barang dengan Sistem Online.
  11. Permensos nomor 6 tahun 2017 tentang Agensi Penyelenggara Undian Gratis Berhadiah

ke 11 dasar hukum dari Izin Undian Berhadiah tersebut, merupakan aturan baku dan resmi yang mengharuskan Undian Gratis Berhadiah memiliki izin. Pengurusan Izin ini, bukanlah yang rumit, mungkin ada sebagian dari anda yang berpikir bahwa pengurusan izin atau hal – hal yang kaitannya dengan birokrasi agak merepotkan. Tapi zaman sudah berubah kok, hal – hal seperti ini sebenarnya bisa diurus sendiri dengan datang ke Dinas Sosial dan menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan.

Kalau nggak diurus ? Hati – hati lho, untuk penyelenggaraan undian gratis berhadiah yang dilakukan tanpa izin atau menyimpang dari ketentuan yang sudah ditetapkan, salah satu ancamannya adalah sanksi berupa denda sebesar Rp. 500.000.000,- ( Lima ratus juta rupiah ) atau pidana penjara selama – lamanya 2 tahun, itu berdasarkan UU nomor 8 tahun 1999 tentang perlinduangan konsumen pasal 62 ayat 2. Jadi, anda yang ingin mengadakan pengundian berhadiah, atau, ditunjuk oleh client sebagai Event Organizer / EO yang mengurus acara pengundian, pastikan bahwa perizinan undiannya diurus. Kalau repot, teman – teman di yihagames.com bisa membantu pengurusan izin undiannya, berikut dengan beragam pilihan alat undian yang bisa dipergunakan untuk membuat proses pengundiannya jadi lebih menarik.

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian