Ide gathering kantor, saat musim penghujan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Mau bikin gathering kantor tapi bentrok sama datangnya musim penghujan, jadi bingung! Gimana kalau kita bikin yang beda buat tahun ini ?
Ide Gathering Kantor

Ide gathering kantor, diperlukan untuk mensiasati rencana acara gathering kantor yang diadakan bersamaan dengan musim penghujan. Maklum deh, saat musim hujan datang, disertai dengan semua dampaknya, seperti jalanan macet, banjir hingga males datang ke kantor, membuat kita jadi berasumsi nggak akan sukses acara ini, karena nggak banyak rekan kantor yang akan datang. Padahal, secara waktu, pas nih, awal tahun, biar satu team di kantor bisa bersama mulai kerja dengan semangat kebersamaan dan bersenang – senang di pembukaan tahun ini.

Gimana ya supaya tetap bisa bikin gathering di kantor, tapi nggak terkendala dengan musim penghujan ? Acaranya tetap bisa jalan, juga tetap menarik, nggak kehilangan keseruan yang sama seperti waktu diadain di area outdoor. Apa ide gathering kantor kalian saat musim hujan mulai datang ?

Mulai ambil kertas, mulai kembangin ide – idenya yuk

Yang sering banget saya usulkan, kalau memang musim hujan sudah datang, tapi tetap mau menjalankan acara gathering kantor, adalah dengan membuat acaranya di dalam ruangan kantor, beres deh, nggak akan ada lagi pengaruhnya musim hujan atau nggak. Tapi banyak dari client yang langsung bertanya, “tempat acaranya dimana ?” dan kebanyakan dari mereka, juga nggak mau buat acara meskipun indoor, yang lokasinya jauh dari kantor mereka, atau terlalu jauh dari lokasi domisili mayoritas karyawannya. Gimana kalau bikinnya di kantor ? Di ruangan kantor ? Kebanyakan malah tertawa, menertawakan seolah – olah itu adalah hil yang mustahal 🙂

Kalau kantor kalian cukup besar, punya meeting room yang berukuran besar, punya area lobby yang berukuran besar, atau bahkan mungkin dalam satu gedung dimana kantor kalian berada, punya function room, ini sudah cukup untuk membuat gathering kantor kalian jadi kenyataan. Biasanya setelah meragukan mengenai tempatnya yang di kantor sendiri, pertanyaan lanjutannya adalah, gimana supaya bikin acaranya jadi menarik dan nggak kalah seru dengan aktivitas gathering kantor yang diadakan di luar ruangan.

Lokasi indoor atau outdoor, kalau content acaranya bisa dikemas dengan konsep yang menarik, juga akan jadi pengalaman yang berkesan lho! Salah satu perusahaan penerbangan, pernah membuat acaranya di kantor pusat mereka dengan konsep yang menarik dan memaksimalkan semua ruangan yang ada di kantor mereka. Bahkan, acaranya sendiri, digelar di hari kerja! Jadi semua seolah – olah sedang bermain di hari kerja.

Ada banyak konsep yang bisa diaplikasikan dalam gathering kantor di dalam ruangan, termasuk konsep – konsep acara yang mungkin kalian pikir hanya bisa dijalankan di lokasi outdoor, termasuk Beach Carnival. Kalau mendengar kata beach, pantai, kalian pasti ngebayanginnya suasana pantai ya kan ? Bikinlah suasana pantai dalam dekorasinya, hadirkan dengan dekorasi pantai, backdrop bergambar pantai dengan ornamen dekor yang biasa kita temui di pantai. Atau, bikin konsep dengan tema Winning Performers, semua orang diajak berkompetisi dalam beragam permainan olahraga, nggak harus dengan permainan olahraga sungguhan, kini bisa juga dengan menggunakan permainan virtual yang berkategori permainan kompetisi olahraga. Seperti tampak dalam foto yang saya sertakan di artikel kali ini, acara didalam ruangan dari salah satu BUMN juga menggunakan semangat para atlit yang sedang bertanding dalam sebuah kompetisi olahraga, tapi kali ini, menggunakan banyak permainan virtual dengan tema olahraga. Keunggulan dari permainan virtual seperti ini, kalian yang jadi pemain, akan melakukan aktivitas sungguhan, kalau permainannya adalah lomba lari, maka kalian akan lari di tempat, akan ngos-ngosan sungguhan, jadi lebih seru kalau permainan ini juga dipandu oleh MC yang akan meramaikan suasana.

Membuatnya jadi lebih seru lagi, tambahkan juga aturan untuk mengenakan kostum tertentu, buatlah dress code yang sesuai dengan tema yang kalian buat, dan pilihlah sepasang peserta dengan kostum terbaik. Jangan lupa hadirkan juga suguhan makanan dan minuman yang lezat lewat catering yang kalian suka, atau pesan makanan – makanan ringan dan dibuat dalam format food stall, hadirkan juga musik untuk menambah kemeriahan acaranya. Siapkan juga permainan interaktif yang bisa dibawakan oleh MC dan diikuti oleh para peserta secara massal. Pastinya akan jadi seru dan nggak perlu pikirin musim penghujan yang sudah mulai datang.

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian