Event Organizer New Normal, ini panduannya!

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Event organizer new normal, di tengah proses vaksinasi ini, sudah bisa mulai menggarap kembali event - event, namun dengan beberapa pembatasan dan pedoman yang perlu diikuti. Pedoman yang sudah diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, wajib dibaca, dipelajari dan diikuti, bisa langsung download di sini.
event organizer new normal

Event organizer new normal, pastinya sudah paham banget mengenai CHSE khusus untuk event dan MICE yang sudah disusun dan diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam konteks penyelenggaran kegiatan / event dan penyelenggaraan kegiatan pertemuan, insentif, konvensi dan pameran ( MICE ), dua panduan yang sudah diterbitkan ini, membuka kembali harapan bagi para pelaku industri event organizer untuk beraktivitas lagi. Panduan ini tentu saja dibuat agar event bisa berjalan kembali namun tetap memperhatikan panduan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan, tujuannya tentu saja agar industri event dan semua pelakunya bisa mulai lagi beraktivitas dan menghasilkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan dan pengendalian virus.

Selain mengeluarkan panduan ini, menteri pariwisata dan ekonomi kreatif juga sudah bertemu dengan Kapolri dan mengumumkan bahwa pelaksanaan kegiatan event sudah mulai bisa dijalankan dengan beberapa catatan dan pedoman yang wajib ditaati oleh para pelaku industri event, termasuk event organizer. Salah satu yang menarik buat saya adalah, pemerintah sangat aware akan pelaksanaan event yang memang berpotensi menciptakan cluster baru penyebaran virus, maka mereka membuat aturan mengenai zonasi yang akan membedakan treatment-nya di setiap zona tersebut. Zonasi tersebut secara umum, memisahkan format event online yang benar – benar online, tidak dihadiri oleh massa, untuk event di zona merah. Sementara zona kuning, format event dibuat hybrid, boleh ada kumpulan massa dalam jumlah terbatas dengan protokol kesehatan ketat dan dikombinasikan dengan format online. Sementara zona hijau, boleh dibuat event dengan mengumpulkan massa dalam jumlah terbatas dan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Untuk membuatnya menjadi lengkap dan dapat dijadikan pedoman, maka diterbitkanlah panduan CHSE untuk penyelenggaraan kegiatan / event dan kegiatan MICE.

Panduan ini dibuat untuk penyelenggara kegiatan, termasuk korporasi, asosiasi profesi dan industri, organisasi pemerintah dan organisasi masyakat lain. Disamping itu, panduan ini juga wajib diikuti oleh pelaku kegiatan, seperti event organizer, pengelola tempat kegiatan dan seluruh pihak pendukung kegiatan event dan MICE. Panduan yang sama juga perlu diinformasikan kepada peserta / pengunjung dari event yang kita adakan, juga menjadi pedoman bagi unsur pemerintah daerah.

Event organizer new normal, memang perlu bekerja ekstra untuk merealisasikan eventnya di masa – masa sekarang ini, karena ada banyak pihak khususnya yang terkait dengan urusan perizinan dan keamanan yang perlu dikoordinasikan. Event Organizer new normal juga perlu kerja ekstra untuk menginformasikan hal – hal yang terkait dengan pedoman event di era new normal ini kepada pengunjung / audiences yang datang ke acara, serta memastikan semua pihak yang terlibat, benar – benar mematuhi pelaksanaan CHSE event ini. Dengan mengurus izin ini semua serta mematuhi dan mengikuti semua aturan sesuai dengan panduan yang sudah diterbitkan itu, maka, insya allah pelaksanaan event dapat berjalan, meskipun dengan banyak penyesuaian. Tapi inilah pilihan terbaik yang tersedia saat ini, yang bisa membuat event organizer new normal bisa kembali berkreasi.

Untuk mendownload panduan tersebut silahkan klik link dibawah ini :

Panduan CHSE Event
Panduan CHSE MICE

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian