Event Organizer adalah, kombinasi dari…

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Event organizer adalah, mereka yang terlibat dalam perencanaan, persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi selesai. Tapi apa sih sebenarnya event organizer itu ? Kenapa mereka yang berprofesi sebagai event organizer, sering nggak pulang ? Sering kerja malam ? dan sering pusing ? :)
Event Organizer Adalah

Event organizer adalah, penggabungan dua suku kata berbahasa Inggris, yaitu event dan organizer. Event sendiri berarti Acara, Kejadian atau Peristiwa dan Organizer sendiri artinya penyelenggara, pengurus atau management. Jadi singkatnya event organizer adalah Penyelenggara Acara, atau Pengurus Acara, atau Management Acara. Event organizer adalah sesederhana itu, jika kita hanya melihat dari pengertiannya berdasarkan arti suku kata. Tapi jangan bayangkan pekerjaan mereka sesederhana itu!

Apalagi, kalau kita bicara berdasarkan konteks event organizer sebagai sebuah bisnis. Event organizer adalah sebuah kombinasi dari kreativitas yang melahirkan solusi berupa ide atau gagasan dan selanjutnya mereka jugalah yang akan mengeksekusi ide – ide itu menjadi kenyataan, semua demi tercapainya tujuan yang diharapkan oleh client pengguna jasa event organizer tersebut. Ketika sebuah kesempatan untuk menggarap project datang, biasanya event organizer akan bertemu dengan client yang punya masalah, dan mereka ingin, masalahnya bisa diselesaikan dengan mencapai beberapa tujuan yang diharapkan bisa dibantu lewat pelaksanaan sebuah event. Ilustrasinya kayak gini, sebuah perusahaan produsen sepatu anak muda, mereka mengalami kendala dengan stagnan-nya angka penjualan, jadi mereka berpikir untuk meningkatkan angka penjualan itu, mereka perlu meluncurkan produk baru, dengan harapan produk lama pun ikut naik dan diingat kembali, sehingga, produk lama bisa terjual, dan produk yang baru saja diluncurkan juga ikut terjual. Mereka pikir, mereka perlu sebuah kegiatan yang bisa membuat brand produk sepatu itu, jadi terdengar lagi gaungnya. Maka diundanglah perusahaan event organizer.

Semua event organizer yang diundang, diminta untuk membantu, apa sih konsep acara yang bisa membuat tujuan mereka tercapai ? Bagaimana implementasi dari konsep tersebut ? Apa saja hal – hal yang bisa memperkuat tercapainya tujuan yang diharapkan ? dan bagaimana pihak event organizer mempersiapkan dan mengatur semua rangkaian acara agar dapat berjalan baik dan membantu mereka mendekatkan diri pada tujuan yang diharapkan. Mereka juga sudah menginformasikan tenggat waktu, kapan event organizer diberikan waktu untuk mempresentasikan konsep acaranya, dan kebutuhan mereka, dalam waktu cepat, mereka ingin akhir bulan nanti event-nya sudah bisa berjalan.

Karena masalah itulah, pihak Event Organizer mulai merencanakan, menyiapkan konsepnya dan menuangkannya dalam bentuk materi presentasi. Karena tenggat waktu yang mepet itulah, banyak orang – orang yang bekerja dalam bidang event organizer bekerja ekstra, kadang perlu begadang dan nggak pulang supaya mereka bisa mendapatkan data pendukung untuk membantu terciptanya konsep acara yang baik, yang feasible, bisa dijalankan dan menjaga kemungkinan pertanyaan dari client berdasarkan data yang logis. Kadang- kadang, mereka juga pusing, karena pada saat proses persiapan semua materi presentasi ini, mereka belum dapat pemasukan, mereka baru akan dapat pemasukan, ketika project event sepatu tadi, sudah diputuskan siapa yang akan menggarap eventnya. Jadi wajar kalau mereka sering pusing, karena budget dari event organizer untuk mempersiapkan materi presentasi juga pastinya dibatasi. Biaya – biaya untuk survey, riset, menghubungi pihak pendukung, semuanya dibatasi, jangan terlalu banyak pengeluaran di awal, karena belum tentu juga hal – hal yang sudah mereka persiapkan ini, nantinya akan jadi project mereka, bisa jadi malah dipilih EO yang lain. Tapi mereka tetap bekerja dengan keterbatasan itu, berusaha menampilkan yang terbaik, sehingga client akan memilih konsep yang mereka ajukan.

Segera setelah presentasi, akhirnya dipilihlah 1 perusahaan event organizer, dan pekerjaan mereka dalam konteks persiapan mulai dilaksanakan. Persiapannya yang juga butuh waktu cepat, itu juga yang membuat mereka yang kerja di bidang event organizer, jadi perlu kerja ekstra, perlu tidur larut, perlu memastikan semuanya berjalan sesuai rencana, semua kebutuhan sesuai dengan check list yang sudah disiapkan. Istirahat jadi kurang, makan kadang juga nggak teratur, itu juga yang membuat mereka kadang jadi pusing. Tapi semua kepusingan itu, akan terbayar dengan lunas, ketika client mengucapkan terima kasih, karena acaranya sudah berjalan dengan sukses. Bisa dipastikan, mereka yang bekerja di event organizer adalah orang – orang dengan dedikasi yang tinggi, dedikasi yang ditujukan untuk membuat acara client jadi sukses!

Jadi beruntunglah, orang – orang yang mempercayakan persiapan dan pelaksanaan event-nya kepada perusahaan event organizer, karena mereka akan sepenuh hati membantu mensukseskan acaranya. Untuk teman – teman yang butuh jasa pengorganisasian acara, butuh jasa Event Organizer, saya bersama team saya bisa membantu semua prosesnya mulai dari perencanaan hingga eksekusinya. Silahkan hubungi team saya untuk diskusi tentang apa kebutuhan persiapan event yang bisa kami bantu dengan klik di jasa event organizer.

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian