Event Online, biar jadi menarik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Event online, supaya jadi menarik, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuatnya jadi interaktif, antara host dan patisipan-nya, semua aktif terlibat. Bukan sekedar penggunaan teknologi yang membuat tampilan virtual set jadi lebih wah, atau videonya jadi lebih kece, tapi yang jauh lebih penting adalah mengenali kebiasaan psikologis manusia secara umum.
online event

Event online, yang makin sering diadakan selama masa pandemi, memang jadi solusi untuk mengatasi pembatasan event offline yang belum bisa berjalan sepenuhnya. Meskipun ada juga yang sudah mulai melakukan event offline dengan protokol kesehatan ketat, namun jumlahnya memang belum banyak. Nah, karena masih banyaknya acara online yang diadakan, gimana sih caranya bikin event online jadi lebih menarik ? tentu saja sebelum kita mulai dengan hal – hal apa yang perlu dilakukan, supaya acara online jadi menarik, maka kita perlu samain dulu nih persepsi, tentang kata – kata menarik itu seperti apa ?

Dalam artikel ini, biar acara online kamu jadi lebih menarik, saya mengartikannya sebagai event online yang bisa dinikmati oleh pesertanya, pesertanya merasa terhubung dengan event-nya, merasa ada keterikatan, nggak mau pergi sebelum event-nya selesai dan bisa berkesan, bisa terus diingat setelah selesainya event tersebut. Dari sisi penyelenggara, menarik artinya, mereka mendapatkan feed back positif dari pesertanya, tentang content acaranya, tentang aktivitas di tengah acaranya dan melekatnya brand pada benak partisipan setelah event-nya selesai. Gitu ya… sepakat ya…

  1. Sepakat nggak kalau setiap manusia pada umumnya selalu excited dengan hal – hal yang baru ? Nah, pikirin deh apa hal – hal baru yang membuat mereka jadi tertarik. Pilihan ice breaking games, yang bisa ditempatkan di bagian depan dari acaramu, bisa jadi pilihannya. Pilih ice breaking games yang baru, jangan yang pasaran, yang sudah sering dimainkan, apalagi kalau partisipan event online kalian adalah orang – orang yang sudah sering ikut event online.
  2. Orang – orang kebanyakan juga cenderung penasaran dengan sesuatu yang dirahasiakan. Tapi jangan sembarangan merahasiakan, apalagi sesuatu yang nggak ada nilainya buat mereka. Misalnya saja, dibuat pengumuman di bagian depan dari acara online itu, bahwa di bagian tengah acara nanti, akan ada kehadiran presenter tamu, seorang artist dan juga entrepreneur yang ganteng ( misalnya partisipannya didominasi oleh ibu – ibu ya), selain akan memberikan tips-nya tentang bisnis juga akan memberikan 2 hadiah untuk peserta yang bisa menjawab. Coba minta mereka ketik di chat box, siapa nama artist yang dimaksud.
  3. Buat kejutan di bagian tengah acara, kasih pengumuman bahwa akan ada hadiah khusus untuk peserta yang paling aktif dengan kostum yang paling menarik, atau dengan background yang paling menarik. Penempatannya yang ada di tengah, membuat orang – orang yang awalnya mungkin berniat meninggalkan event online sebelum selesai, kemungkinan akan menunda. Siapa tahu mereka yang dipilih untuk dapat hadiahnya. Ingat ya, semua orang suka pemberian, semua suka hadiah! Kasih hadiah di bagian akhir dengan kriteria tertentu yang anda tentukan. Hadiahnya jangan dikasih dibagian depan, tapi bisa juga dibuat sebagai bagian dari content acara, jadi pembagian hadiahnya dipisah – pisah, misalnya setelah presenter sesi 1, kita kasih hadiah nomor 4, begitu seterusnya, sampai nanti menjelang akhir acara, baru deh dibagikan hadiah utamanya.

Ada banyak lagi ide kreatif yang bisa diaplikasikan dalam event online, biar event online yang kamu buat jadi lebih menarik, dinikmati oleh para pesertanya dan berkesan juga buat mereka. Pilihan ice breaking games di bagian depan juga banyak, nanti deh saya share lagi dalam bentuk artikel event online atau video di channel youtube saya. Sementara itu dulu ya, buat teman – teman yang mau dibantu bikin event online biar jadi lebih menarik, lebih meriah dan menyenangkan, bisa kontak team saya dengan langsung klik di virtual event Jakarta

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian