Event online menarik, dimulai dari sini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Event online menarik, yang bisa diikuti oleh banyak partisipan sejak awal dimulai hingga akhir, pasti jadi sesuatu yang diharapkan oleh penyelenggara acaranya. Pertanyaannya, bagaimana membuat sebuah event online menarik, proses membuatnya jadi menarik itu dimulai dari mana sih ?
event online menarik

Event online menarik, ditunggu oleh banyak orang, dinikmati oleh banyak orang, mulai dari susunan acara pertama hingga akhir pelaksanaan acara, pastilah jadi sebuah event online yang diharapkan oleh penyelenggara acaranya. Gimana sih bikin event online menarik ? Kebanyakan orang berfokus pada bagaimana cara membuatnya jadi menarik, tapi tidak banyak orang yang bertanya, apa sebenarnya yang menarik buat sekelompok orang ? Ini sebenarnya, hal yang mendasar, pola pikir yang mengawali banyak event organizer dalam membuat konsep acara, terutama event offline.

Membuat event online menarik, termasuk juga event offline, perlu diawali dengan data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Jadi ini bukan asumsi, bukan mengira – ngira, tapi benar – benar berdasarkan data yang diperoleh dari kepiawaian EO dalam berpikir dan mengeksekusi acaranya. Ilustrasi sederhananya seperti ini, jika produk sepatu A akan melaksanakan sebuah event launching dengan memutuskan untuk mengambil tempat di Mall XYZ, maka sebelum EO tersebut memutuskan lokasi tersebut, mereka akan melakukan riset produk sepatu A, siapa target marketnya, jenis kelaminnya, usianya berapa, apa saja kebiasaan mereka, topik apa yang menarik dan menjadi pembahasan dalam keseharian hidup mereka dan seterusnya.

Kalau itu sudah lengkap, maka, mulailah mereka mencari tahu, kira – kira, dimana tempat yang ideal, yang sesuai dengan profile dari target market sepatu tersebut. Kalau sudah ketemu tempat yang cocok, mereka mungkin juga melakukan riset langsung untuk mengetahui berapa jumlah kunjungan mall tersebut setiap harinya, berapa di hari kerja, berapa di hari weekend, kategori usia berapa saja yang datang ke hari kerja dan usia berapa saja di hari weekend. Data itu dapat, baru mereka putuskan, apakah itu cocok atau nggak dengan profile dari target market produk sepatu A. Kalau dirasa secara quantity dan quality, jumlah dan kualitas pengunjungnya nggak bagus, nggak sesuai dengan profile dari target market sepatu A, maka, mereka akan pertimbangkan untuk cari tempat yang lain.

Dalam konteks event online juga sama, jika kalian sebagai penyelenggaranya, event online menarik bukan dari konsepnya, tapi ada nggak peminatnya ? Kalau peminat dari topik yang akan diangkat dalam event online tersebut, sangat banyak, maka bisa jadi membuat event online menarik, karena banyak peminatnya. Dari riset di google keyword untuk mendapatkan kata kunci boleh dipergunakan, tapi ada data penunjang lain yang sangat logis yang bisa dipergunakan, tanyakan saja, ada nggak industri besarnya ? Ada nggak komunitas penjualnya ? Ada nggak komunitas pembelinya ? Contoh paling sederhana, dalam fungsi EO sebagai promoter, yaitu yang menggagas acara, yang mengadakan acara, menjual tiket event online-nya dan pemasukan utamanya dari situ. Misalnya kalian punya ide, mau bikin event online menarik dan juga menguntungkan, tiba – tiba kepikiran untuk membuat event merawat hewan peliharaan, nah, bisa tuh diterapkan, ada nggak industri besarnya ? Ada banyak ya, mulai dari produsen makanannya, produsen obat dan produk perawatan dan seterusnya. Komunitas penjualnya ada nggak ? Check dulu adakah asosiasi pedagang produk kesehatan khusus hewan peliharaan ? Ada nggak asosiasi atau komunitas penggemar hewan peliharaan tertentu yang bisa jadi calon partisipan di acara online tersebut ? Kira – kira siapa saja mereka ? Kebiasaan mereka apa ? dan juga, kalau kalian adakan event seperti ilustrasi saya ini, ada nggak ya, satu atau dua perusahaan yang mau mensponsori acara tersebut ?

Kalau sudah dilakukan riset dan survey, maka hasilnya ya, ya, bagus, datanya ok, pertimbangkan untuk melanjutkan, karena kalian sudah punya target market dalam jumlah besar yang bisa jadi partisipan di event online kalian, bahkan kalian juga sudah bisa memperkirakan perusahaan mana yang akan jadi sponsornya. Jadilah event online menarik, event online yang bisa dikemas dengan banyak content yang sesuai dengan siapa yang jadi partisipannya. Jadi event online menarik, event offline menarik, sebenarnya bisa diciptakan setelah kita mengetahui, siapa yang akan jadi target market acara tersebut ? dan berapa besar target market tersebut ? Jika membutuhkan bantuan untuk perencanaan event online mulai dari konsep acara hingga eksekusi, teman – teman bisa menghubungi team saya di event online Jakarta yang akan membantu dari awal hingga akhir.

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian