Event online adalah, peluang atau ?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Event online adalah, salah satu upaya untuk membuat sebuah acara tetap berjalan dan bisa dinikmati oleh banyak orang, meskipun dengan pengalaman yang berbeda. Ini menjadi sebuah tanda, bahwa kita, sebagai pelaku industri event, nggak mau menyerah dengan kondisi pandemi ini. Tapi, apa sudut pandang teman - teman tentang event online ? Peluang atau pembatasan ?
event online adalah

Event online adalah, sebuah perhelatan acara dengan menggunakan bantuan perangkat teknologi internet sehingga bisa disiarkan secara luas dan bisa dinikmati oleh banyak orang, tanpa harus bertatap muka secara langsung, sehingga dengan diadakannya event online, penyelenggara acara dapat mencapai tujuan yang diharapkannya. Jadi, event online adalah media, alat bantu, yang membuat tujuan dari pelaksanaan event tersebut bisa tercapai, atau bisa mendekatkan tujuan yang ingin dicapai dengan penyelenggaraan event online tersebut.

Sejatinya, event online adalah sebuah event yang perlu persiapan, sama seperti event offline pada masa normal sebelum pandemi terjadi. Hanya saja, dibedakan berdasarkan perlakuannya. Jika event offline, dulu, diadakan di sebuah venue yang luas, dengan kapasitas audiences yang besar, maka event online kebalikannya. Kita nggak perlu venue yang luas, kita nggak perlu tempat dengan kapasitas yang besar. Bahkan, ruangan sebesar 4 x 4 meter saja, sudah bisa dipergunakan sebagai venue dari event online, selama akses internet-nya mendukung. Secara content acara, juga nggak jauh beda kok dengan event offline. Kalau di event offline dulu kita menggunakan MC sebagai pemandu acara, di event online kita juga perlu menyiapkan MC yang akan memandu jalannya acara, termasuk band / artis penyanyi / stand up comedian / pembicara / nara sumber, dan yang lain – lain, sama saja perlu disiapkan sesuai kebutuhannya. Event online adalah format acara yang sistem penyiarannya dilakukan dengan menggunakan bantuan internet. Kalau diumpamakan, maka event online, mirip seperti program TV yang perlu disiapkan semua content-nya dan kemudian disiarkan dengan sistem transmisi canggih agar bisa diterima oleh banyak pemirsa-nya.

Event online adalah solusi yang lahir dari masalah dimana event offline, event yang mengumpulkan massa dalam jumlah banyak, event yang menciptakan keramaian, event yang membuat penontonnya berdesak – desakan, menjadi tidak aman lagi dengan adanya pandemi ini. Karena tidak aman dan berpotensi menjadi tempat penyebaran virusnya, maka Pemerintah Republik Indonesia, dan banyak pemerintah di negara lain menerapkan aturan baru, yaitu melarang pelaksanaan event offline seperti pada saat kondisi normal dulu, perusahaan event organizer pun istirahat ( baca ; mati suri ). Event – event seperti konser, pentas seni, pameran, pelatihan dan beragam event yang mengumpulkan massa, semuanya dilarang untuk diadakan. Dan solusi event online ini telah menyelamatkan banyak pihak, lihat saja bagaimana group band, penyanyi, stand up comedian, semuanya bisa bertahan bahkan beberapa diantaranya malah jadi meroket, malah jadi mendapatkan new fan base, justru di saat pandemi ? Iya nggak ?

Dan kabar baiknya, setelah setahun berjalan, sudah banyak orang yang menyadari bahwa event tetap bisa berjalan, meskipun harus dibuat dalam format online, sudah banyak orang yang menerima dan terus membuat improvement dalam pelaksanaan event online mereka. Belakangan, seiring dengan menurunnya angka penyebaran virus ini, peraturannya mulai dilonggarkan meskipun dilengkapi dengan pembatasan berdasarkan zona penyebaran virus covid 19. Bagi teman – teman, pelaku industri event, yang mungkin dulu melihat bahwa event online bukanlah sesuatu yang penting untuk dipelajari dan digarap secara serius, mungkin saat ini sudah waktunya untuk adaptif, terbuka dan menerima event online. Dibutuhkan pergeseran sudut pandang, bahwa event online adalah solusi, mungkin bukan sekedar solusi sementara, tapi bisa jadi ini akan jadi solusi yang membuat nilai tambah pada layanan event organizer yang dijalankan. Nah, menurut teman – teman, event online adalah peluang atau pembatasan ?

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian