Bikin konser, peluangnya ?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Bikin konser, sepakat lah, ini sesuatu yang seru banget! Menyaksikan group musik favorit, bisa menghibur banyak orang plus dapat keuntungan ? Memang selalu untung ? Masih ada peluangnya nggak ya ?
bikin konser

Bikin konser, konser kalian sendiri, buat kalian yang lagi baca tulisan ini gimana tuh perasaannya ? Apakah kalian pernah ngerasain sebuah pengalaman seru melihat konser musik band idola kalian ? Sorotan lampu warna – warni yang berpadu dengan tata suara yang menggelegar, dipadukan dengan latar belakang layar besar dengan ornamen artistik yang nggak kalah mempesona, rame – rame jejingkrakan ngikutin alunan musik sambil teriak ngikutin suara vocalist band di atas panggung. Dan nggak lama, usai penampilan dari band tersebut, penonton masih aja nunggu apa lagi yang akan ditampilkan, meskipun mereka sudah bilang, “Thank you…see u!” tapi karena nggilani, penonton mulai teriak, “Lagi..lagi..lagi..”

Dan usai band itu manggung, bersama group band itu kalian ada di backstage, atau pergi ke sebuah tempat untuk celebrate bareng mereka, merayakan kesuksesan performance mereka malam itu.

Ini masih ada lanjutannya lagi

Keesokan harinya, di berbagai media, terpampang-lah foto konser musik yang kalian buat, kalian sukses membuat banyak orang terhibur, disusul dengan laporan hasil penjualan tiket dan pemasukan dari sponsor, yang angka akhirnya menunjukkan adanya keuntungan dari penyelenggaraan konser musik yang kalian bikin. Gimana perasaannya dengan semua pengalaman seperti itu ?

Rasanya seperti mimpi ya ? sugarcoating nih!

Bisnis pertunjukan seperti konser musik di Indonesia, menjadi bagian lain dari peran event organizer. Tapi, kebanyakan perusahaan atau profesional yang menjalankan perannya dengan membuat pertunjukan berbayar seperti ini, disebut sebagai promotor. Nandi Dirgantoro, Tommy Pratama dan Adrie Subono, adalah beberapa nama yang menjadi pionir dalam bisnis ini, khususnya menjadi promotor konser artis mancanegara.

Untuk bikin konser musik yang seru, plus, kalau kita ngomongin ini sebagai bisnis, pastinya kita perlu ada keuntungan dari bisnis ini. Dan konser, bukanlah sebuah project yang fix menguntungkan! Sama seperti bisnis lain, ada untung – ada rugi, tergantung banyak hal. Tapi diluar untung atau rugi dalam bisnis konser ini, masih banyak peluang yang bisa digarap dari hiburan yang satu ini. Bukan sekedar mendatangkan artis dari mancanegara, dari artis tanah air pun banyak yang punya nilai jual cukup tinggi untuk dibuatkan pertunjukannya.

Indonesia, terdiri dari banyak pulau, ada banyak kota – kota besar, ibukota provinsi bahkan kota kabupaten, yang masih jarang banget ada pertunjukan berkelas seperti konser musik dengan menghadirkan band papan atas Indonesia. Gimana teman – teman kita di Bontang, Kalimantan Timur – misalnya, jarang banget dapat hiburan, nggak sering ada band atau penyanyi dari ibukota yang membuat pertunjukan disana ? Itu masih dari satu kota, gimana dengan kota kota lainnya ? Bahkan ada beberapa kota dengan pendapatan perkapita tinggi di Indonesia, itu juga masih jarang banget dapat kesempatan menyaksikan pertunjukan dari band atau penyanyi favorit mereka. Kota – kota yang saya maksud, adalah kota dengan daya beli masyarakatnya yang cukup besar. Nah, ini juga perlu kalian check sebelum memutuskan akan membuat sebuah pertunjukan.

Jangan lupa juga, akan ada pemasukan dari sponsor, kalau kalian cukup gigih untuk menemukannya, dan ini bukan jaminan ya!

Ini yang membuat perhitungan konser jadi berbeda!

Jadi, masih ada peluang yang terbuka untuk untuk membuat pertunjukan, seperti konser musik atau mungkin family entertainment, untuk dipentaskan di banyak kota di Indonesia. Kalau kalian mikirnya tentang bikin pertunjukan di Jakarta saja, maka, bisa jadi menguntungkan, bisa jadi juga malah kebalikannya.

Karena Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia, sudah banyak disuguhi konser musik dari beragam artis Indonesia. Meskipun daya beli-nya besar, namun, kalau kalian nggak jeli memilih siapa performers-nya dan bagaimana kalian mengemas pertunjukan itu, maka, nggak akan banyak yang jadi penontonnya.

Tapi, kalau kalian berpikir bahwa teman – teman kita di luar daerah sana, juga haus akan hiburan, dan mereka punya daya beli, plus, artis yang kalian bawa, memang lagi hits di masa itu dan di kota itu, maka sebaiknya, kalian pertimbangkan untuk memboyong artis tersebut dan dipentaskan di kota tersebut.

P5qSGbfDN0

P5qSGbfDN0

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian