Penyebab Susah Kaya, Yang Jarang Disadari

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Penyebab susah kaya yang ini, jarang disadari oleh kebanyakan orang. Mereka pikir, mereka sudah melakukan semua untuk menjadi kaya, tapi rasanya sulit, ini seperti sebuah mobil yang di gas kencang, tapi rem tangannya masih terpasang. Apa sih penyebab susah kaya ini ?
Penyebab susah kaya

Penyebab susah kaya, kebanyakan didominasi oleh informasi yang memang terlihat, seperti dari kebiasaan hidup mewah yang tidak sepadan dengan penghasilan, pengeluaran yang tidak direncanakan, tidak dibiasakan menabung dan berinvestasi dan banyak hal – hal lain yang semuanya memang logis dan terlihat dari kebiasaan – kebiasaan yang sudah dijalankan selama ini. Tapi ada satu hal yang menjadi penyebab susah kaya, dimana ini tidak terlihat secara kasat mata, tapi penyebab ini menjadi biang kerok utama yang menjadi penyebab susah kaya. Tapi tenang, penyebab dari susah kaya ini, tidak perlu dicari berlama – lama, tidak juga perlu dicari jauh – jauh dengan belajar hal – hal yang terkait dengan pengelolaan keuangan, juga tidak perlu membayar mahal jasa seorang konsultan untuk mencari tahu apa sebenarnya yang menjadi penyebab anda susah kaya. Mau tahu nggak apa sih hal yang menjadi penyebab mendasar anda susah kaya ? Simak yuk.

Yang jadi penyebab susah kaya, bagi kebanyakan orang berbeda – beda, tapi penyebab terbesar itu datang dari masa lalu yang dibawa – bawa sampai hari ini secara nggak sadar, karena ini ada di alam bawah sadar, sudah terekam dari masa lalu, dan otak merekam lalu menyimpannya dalam ruang kosong pikiran bawah sadar. Ini bukan tentang bagaimana mereka mendapatkan penghasilan, bukan! Dari pikiran bawah sadar itulah, dia mendikte tindakan – tindakan yang sekarang ini kita lakukan berdasarkan rekaman otak tadi. Ini sering disebut dengan belief atau kepercayaan, yang bisa kita ucapkan dengan lantang tanpa kita pikirkan sebelumnya, tapi ada juga yang belum menyadari sehingga kepercayaan tadi belum bisa disadari sebagai sebuah hal yang menghambat.

Penyebab susah kaya, yang saya maksud ini, datang dari pengalaman di masa lalu, biasanya berasal dari lingkungan, terutama keluarga. Contoh, pada waktu saya kecil dulu, saya sering mendengar percakapan dengan nada ketus, saling menyalahkan satu sama lain, yang dilakukan oleh ayah dan ibu saya. Kebanyakan mereka meributkan masalah uang, ayah saya sering bilang, ” kamu nggak bisa hemat, apa aja dibelanjain ” dan ibu saya biasa menjawab, ” kamu nggak tau sih, harga – harga sudah pada naik, kamu kasih duit segitu itu nggak cukup ” dan karena seringnya saya mendengar ” keributan ” soal uang, otak bawah sadar merekam kejadian itu dan memberikan makna bahwa uang itu adalah sumber keributan di keluarga. Karena itulah, peristiwa – peristiwa lain dalam hidup saya, saya ketemu dengan orang lain, seperti saudara, teman, tetangga yang juga meributkan soal uang. Jadi, kepercayaan saya tentang uang, uang adalah sumber keributan. Bahkan ada beberapa orang yang mengalami masa lalu yang menyedihkan, orang tuanya sampai bercerai dan meninggalkan hutang, lalu salah satu dari orang tua-nya dipenjara karena melakukan tindak kriminal misalnya, sehingga akhirnya mereka punya kepercayaan, bahwa uang adalah akar dari segala kejahatan. Bahaya nggak tuh!

Kalau sudah punya kepercayaan seperti, ” uang adalah akar dari segala kejahatan ” menurut teman – teman, mungkin nggak uang akan mendekat ? Mungkin nggak kita jadi bisa mengumpulkan sejumlah uang yang ingin kita capai untuk menjadi kaya ? Dan ini, kadang – kadang tidak disadari sebagai kepercayaan yang menghambat, kebanyakan malah mengabaikan mengenai kepercayaan ini, dan sebagai solusinya, malah berusaha dengan bekerja lebih keras, mencari lebih banyak lagi pilihan untuk berbisnis atau berinvestasi, dan akhirnya ? Kena tipu, uangnya nggak berkembang, malah uangnya nggak bisa balik alias menghilang begitu saja. Kenapa ? Karena kepercayaannya bilang, bahwa ” Uang adalah akar dari segala kejahatan ” maka tindakan dan hasil yang didapatkan akan membawa pada kepercayaan yang dipercayai, yaitu ” Uang adalah akar dari segala kejahatan ” maka terus – terusan teman – teman akan ditipu dan diberikan banyak bukti bahwa memang benar uang adalah akar dari segala kejahatan. Jadi sulit sekali untuk menjadi kaya, jika masih punya kepercayaan – kepercayaan yang menghambat, seperti analogi saya tadi, anda seperti nyetir mobil, injak gas-nya kuat kuat, tapi rem tangannya masih terpasang!

Jadi apa yang perlu dilakukan kalau punya kepercayaan yang jadi penyebab susah kaya ini ? Tenang dulu sebentar ya, sekarang coba anda kembali ke masa lalu, pikirkan kembali apa kejadian – kejadian yang pernah terjadi, yang membuat anda jadi punya kepercayaan – kepercayaan tentang uang. Tuliskan apa yang jadi kepercayaan anda dengan uang berdasarkan kejadian tadi. Dan di postingan berikutnya, saya akan tulis lagi mengenai bagaimana cara mengatasi penyebab susah kaya yang berasal dari pengalaman masa lalu ini. Ditunggu ya.

Yudhi Megananda

Yudhi Megananda

Leave a Replay

Sign up for Weekly Updated

Seminggu satu kali, akan ada updated yang dikirim via email kalian